Inilah 5 Terobosan iPhone yang Mengubah Industri Smartphone Dunia

iPhone memang kontroversial. Walau Apple sering mengaku melakukan terobosan di iPhone, banyak juga yang menuding kalau beberapa fitur bukanlah hal baru.

Disadari atau tidak, perkembangan smartphone memang terus berjalan dengan cepat. Walaupun sebagian masyarakat tidak sadar akan hal ini, namun dalam beberapa tahun terakhir smartphone berubah tidak hanya menjadi alat komunikasi.

Salah satu hal yang menjadi pelopor perubahan ini adalah iPhone. iPhone pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2007.

Saat itu, mendiang Steve Jobs menyebut iPhone sebagai produk revolusioner. Dan ucapannya bukan hanya menjadi bualan atau bagian dari pemasaran belaka.

Sebab teknologi yang Apple perkenalkan di iPhone harus diakui, sangat membantu mempercepat perkembangan smartphone sampai saat ini.

Peran iPhone memang tidak hanya sampai disitu saja. Berikut ini beberapa terobosan iPhone yang telah mengubah industri smartphone dunia:

Sumber Gambar : 9to5Mac

App Store Mengubah Cara Distribusi Aplikasi

Apple mungkin bukan perusahaan pertama yang membuka akses bagi pengembang aplikasi, khususnya pengembang aplikasi smartphone dari pihak ketiga.

Tapi perusahaan asal Cupertino tersebut sudah berhasil membuat distribusi aplikasi smartphone menjadi lebih mudah.

Trik yang ditawarkan oleh Apple membuat pengguna bisa dengan mudah mencari, membeli, hingga memasang aplikasi berbayar maupun gratis.

Peramban Safari Mengubah Cara Akses Situs di Smartphone

Mobile Safari menjadi peramban mobile pertama, yang benar-benar menghadirkan sebuah situs web ke dalam layar kecil. Walaupun pada waktu itu masih menggunakan dukungan tambahan dari pihak lain seperti Flash.

Sejak saat itu, platform lain kemudian berusaha untuk membuat peramban situs yang serupa dengan Webkit, sebuah proyek open source browser dari Apple.

Dan berkat iPhone juga, kini banyak perusahaan mengubah situs mobile mereka, menjadi bentuk aplikasi web mobile. Dan tidak hanya sekedar situs yang diperkecil seperti sebelumnya.

Sensor Gerak Mengubah Tren Game Mobile

Apple dari dulu memang mempunyai sensor gerak, yang memungkinkan layar ponsel dirotasi. Pada awalnya, teknologi tersebut hanya digunakan untuk membaca situs dalam posisi landscape.

Namun teknologi itu saat ini berhasil digunakan untuk fungsi lain di smartphone. Kini teknologi tersebut sudah bisa digunakan untuk bermain game yang dinavigasikan melalui gerakan.

Tidak hanya itu, sensor akselerometer dan gyroscope kini telah menjadi komponen penting, yang disematkan di dalam berbagai produk smartphone.

Gestur Antarmuka Kini Menjadi Fitur Wajib untuk Semua Smartphone Masa Kini

Apple bukan penemu layar sentuh, namun cara mereka dalam memanfaatkan teknologi tersebut memang patut diacungi jempol. Salah satunya adalah kontrol multi-touch yang bisa membantu penggunaan smartphone.

Sebenarnya tidak banyak yang tahu, bahwa gestur seperti ‘mencubit’ untuk memperbesar gambar, peta, atau sebuah situs, pertama kali diperkenalkan oleh Apple.

Hal yang sama bahkan berlaku juga untuk menggeser arah ke atas maupun ke bawah sebuah daftar. Namun pada akhirnya, hal tersebut justru menjadi standar yang digunakan oleh perusahaan lain.

iPhone Adalah Smartphone yang Fokus Pada Layar

Kehadiran iPhone dengan layar sentuh waktu itu, memang disebut-sebut telah mendobrak model smartphone.

Beberapa pabrikan lain pada waktu itu masih mendesain keyboard fisik. Dimana keberadaan keyboard fisik mengambil sepertiga dari bagian depan ponsel.

Dengan menghilangkan keyboard tersebut, layar iPhone menjadi terlihat lebih luas dibanding ponsel pada umumnya.

Teknologi inilah yang akhirnya membuat aplikasi bisa lebih dioptimalkan. Sebab mereka kini dapat digunakan pada layar yang lebih luar.

Walaupun sempat mendapat cibiran dari banyak pihak, namun keputusan menghilangkan keyboard QWERTY pun akhirnya banyak diikuti oleh perusahaan lain.

Bahkan kini kita bisa melihat, hampir seluruh perusahaan smartphone sudah tidak menggunakan keyboard fisik. Karena terobosan tersebut, beberapa perusahaan bahkan mengambil desain yang sangat mirip dengan iPhone waktu itu.

%d blogger menyukai ini: