Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tubecast: Aplikasi YouTube Windows Phone Sakti

Anom Penulis

Walaupun Google masih, dan mungkin tidak akan bersahabat, dengan Windows Phone, sudah ada beberapa aplikasi YouTube yang oke punya di store. Ada MetroTube, toib,ย dan MyTube. Selain aplikasi itu, masih ada satu lagi aplikasi YouTube Windows Phone yang bagus. Namanya Tubecast.

Yang pertama kali menarik perhatian, tentu saja, adalah desainnya.ย Yang khas adalah menu di sidebar yang memudahkan kita menelusuri banyak hal. Misalnya, video yang kita sukai, history, dll. Tampilan daftar videonya pun bervariasi, jadi tidak bikin bosan. Di samping itu, Tubecast juga memiliki menu yang bisa di-swipe. Menu ini meliputi channel yang kita follow, popular, kategori, dan video preload (nanti akan kita bahas lebih lanjut).

popculture.id

tampilan tubecast

Begitu pun kalau kita melihat salah satu channel. Tampilannya juga bervariasi, sesuai fungsinya. Baik deskripsi, daftar video, dan kategori yang dimiliki channel itu bisa ditelusuri dengan baik. Hm, sayangnya gambar background channel tidak muncul di sini. Tapi bukan masalah sama sekali.

tampilan channel tubecast

Nah, apalah artinya membahas aplikasi video tanpa membahas tampilan saat sebuah video diputar. Aplikasi Tubecast mendukung pemutaran video baik SQ, HQ, atau pun HD. Tentu saja kita juga bisa memilih apakah mau diputar di player kecil atau full screen.

Kalau mau melihat deskripsi video, melihat atau memberi komentar, dan melihat video sejenis, kita tinggal swipe saja. Lihat kan? Perilaku aplikasinya (UI/UX) konsisten.

Yang keren lagi, sesuai namanya, aplikasi ini mengijinkan kita melihat video secara remote (cast) dengan upnp/dlna. Jadi kita memutar video di ponsel dan melihatnya di layar yang lebih besar, entah itu smart TV atau komputer. Ya kebalikan dari cara melihat film secara remote beberapa waktu lalu.

tampilan video tubecast

play video youtube tubecast

Selain fitur remote ini, yang juga menarik adalah fitur preload video. Sebenarnya sih istilah gampangnya sih download video YouTube. Jadi kita bisa melihat video tanpa harus menunggu buffering lama-lama (kalau koneksinya lambat).

Saat memilih preload, kita akan diminta lagi memilih kualitas videonya. Setelah itu kita menunggu video di-download dulu. Ada tampilan progress bar-nya yang cukup bagus. Kita bisa pause prosesnya atau cancel.

download youtube tubecast

Selain fitur-fitur di atas, aplikasi YouTube Windows Phone satu ini juga mendukung penggantian theme (warna background dan aksen). Tubecast juga mendukung tile transparan, pilihan region, dan masih banyak lagi. Makanya aplikasi ini bisa dibilang cukup sakti.

Aplikasi Tubecast, tersedia dalam 2 versi. Aplikasiย gratis dan berbayar. Yang gratis, didukung iklan dan dengan beberapa fitur yang terbatas. Misalnya fitur cast yang tidak ada. Sedangkan yang berbayar, tentu saja memiliki semua fiturnya. Tubecast Pro (versi berbayar), dilepas dengan harga Rp20.000,-. Menurut saya, cukup setimpal dengan fitu-fiturnya. Apalagi kalau kamu punya TV yang mendukung upnp/dlna.

Hebatnya lagi, aplikasi Tubecast bekerja di Windows Phone 7.5, Windows Phone 8, dan Windows Phone 8.1. Syuper! Jadi, kalau tertarik silakan sedot saja, bung!

Download:

QR code:

qr code tubecast pro
Tubecast Pro
qr code tubecast
Tubecast

    %d blogger menyukai ini: