Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apakah Aplikasi Tumblr untuk Windows Phone Itu Oke?

Anom Penulis

Setelah sebelumnya kami melihat sekilas aplikasi resmi Tumblr untuk Windows Phone, kini saatnya untuk review yang lebih lengkap. Untuk yang belum tahu, Tumblr adalah sebuah layanan microblogging sekaligus social media yang sangat populer.

Kita bisa follow atau di-follow pengguna lain. Posting kita juga bisa di reblog dan di favorit oleh pengguna lain. Posting kita bisa berupa artikel (teks), foto, video, quote, chat, atau link. Format post yang semacam ini memang jadi kekhasan Tumblr. Lalu bagaimana dengan aplikasi Tumblr? Apakah fiturnya di Windows Phone sama seperti di situsnya?

Fitur Tumblr Windows Phone
  1. Telusuri dan follow artikel atau user sesuai tema kesukaanmu
  2. Post artikel, foto, quote, link, chat atau video
  3. Menambahkan tags di post
  4. Memilih post di blog yang mana (kalau punya berbagai blog)
  5. Mengatur untuk post saat ini, daftar tunggu (add to queue) atau save as draft
  6. Memberi komentar atau favorit (like/love) post dari user lain
  7. Fungsi pencarian
  8. Mengaktifkan fungsi lockscreen dan live tile (memperlihatkan gambar terakhir dari dashboard)

Hampir sama kan dengan yang ada di situsnya. Hampir sama? Berarti ada yang kurang? Ya, dengan berat hati harus diakui memang masih fitur yang kurang. Kita tidak bisa melihat inbox pesan. Pentingnya? Salah satu fitur Tumblr di browser adalah mengijinkan pengunjung bertanya (menyapa) kita sebagai pemilik blog. Sejauh ini belum nampak fitur ini di aplikasi Tumblr untuk Windows Phone ini. Selain itu, kita belum bisa melihat siapa saja follower kita, dan belum bisa meng-upload beberapa foto sekaligus.

Hm, dari segi tampilan, sebenarnya tidak ada yang terlalu menonjol. Tampilan tile dari tab explore cukup menarik, sama seperti tampilan galeri di post. Walaupun begitu, aplikasi Tumblr ini enak kok digunakan. Kita bisa melihat apa yang ada di dashboard kita atau beralih melihat post yang populer dengan mudah. Melihat komentar, memberi komentar, reblog, atau menyukai sebuah post juga mudah dilakukan.

Harap diperhatikan, ada beberapa hal yang tidak langsung terlihat. Misalnya profil kita. Untuk melihatnya, sama seperti melihat profil user lain. Tap username kita, baru kita akan dibawa ke tampilan profil. Di sana kita bisa melihat jumlah followerdraft dan queue post. Atau, kita bisa juga melihatnya lewat pilihan manage di application bar di bawah. Tidak hanya melihat profil di satu blog, kita juga bisa melihat profil di blog Tumblr kita yang lain. Di bagian ini kita juga bisa mengaktifkan Tumblr sebagai lockscreen ponsel Windows Phone kita.

Terus terang, bagian paling menarik dari aplikasi Tumblr Windows Phone ini adalah pilihan ikon saat kita mau posting. Ikonnya eye catching! Oya, kita bisa menambah tag atau mengatur posting, melalui tanda tag dan kotak foto profil yang ada, atau bisa juga melalui pilihan di application bar. 

Aplikasi ini bisa didapat di region Indonesia dengan gratis. Untuk sementara hanya bisa digunakan di Windows Phone 8.

Download: Tumblr untuk Windows Phone