Tutorial Sederhana untuk Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Xiaomi

CD2A56EF-ACBD-E8C6-B81B-106D1A2339D1

Apakah kalian salah satu pengguna smartphone Xiaomi? Jika benar, lalu apakah kalian tahu bahwa Xiaomi mempunyai fitur menarik yang tidak ada dalam smartphone lain?

Smartphone Xiaomi yang kami maksud disini adalah yang mengusung interface MIUI, dan bukan smartphone Xiaomi dengan OS Android murni.

Di dalam fitur MIUI, terdapat beberapa fitur menarik. Salah satu fitur di dalamnya adalah untuk menyembunyikan aplikasi dalam smartphone.

Lalu apa yang menarik dari fitur tersebut? Biasanya fitur hide hanya berlaku untuk menyembunyikan data atau video, kemudian menguncinya dengan kata sandi tertentu.

Mengingat saat ini banyak orang bergantung pada aplikasi tertentu, maka fitur hide aplikasi akan sangat membantu. Terlebih bila mempunyai akun media sosial, hal tersebut akan melindungi akun dari tangan orang lain.

Secara umum ada beberapa alasan, mengapa orang ingin menyembunyikan aplikasi dalam smartphone Xiaomi. Beberapa alasan tersebut antara lain:

Sumber Gambar : YouTube

Untuk Menjaga Privasi

Salah satu alasan menyembunyikan data maupun aplikasi adalah demi menjaga privasi. Tentunya seseorang tidak ingin bila privasinya dilihat orang lain.

Privasi Pekerjaan

Apabila kalian seorang profesional atau karyawan, tentunya selalu mencatat hal penting dalam aplikasi khusus. Misal menulis pekerjaan yang bersifat rahasia, dan hanya karyawan yang mengetahuinya.

Dengan begitu, kalian perlu menyembunyikan aplikasi berisi informasi penting tersebut. Sebab rahasia perusahaan harus dijaga dengan baik.

Menghindari Ketidaksengajaan Uninstall

Mungkin smartphone kalian sering dipinjam oleh orang lain, baik itu keluarga atau teman. Terutama bila yang meminjam adalah anak-anak, kalian harus lebih waspada.

Alangkah baiknya bila membuat dua user dalam smartphone. Hal ini untuk menghindari anak mengotak-atik ponsel. Namun bila repot akan hal tersebut, maka kalian dapat menyembunyikan aplikasi.

Setelah mengetahui beberapa alasan orang menyembunyikan aplikasi dalam smartphone, maka pada kesempatan ini kami berbagai tips menyembunyikan aplikasi pada smartphone Xiaomi.

Sekali lagi kami ingatkan, bahwa tips ini khusus untuk smartphone Xiaomi dengan interface MIUI. Bukan untuk smartphone Xiaomi yang menggunakan OS Android.

Pertama, buka β€˜Pengaturan’ atau β€˜Settings’ dalam smartphone. Di dalam halaman pengaturan, ketik β€˜App Invisible’ pada kotak pencarian App Invisible.

BACA JUGA
Xiaomi Mi 8 dan MIUI 10 Akan Diumumkan Akhir Bulan Ini

Apabila kalian sudah menemukannya, maka masuklah ke bagian opsi App Invisible. Kemudian pilihlah aplikasi yang ingin disembunyikan.

Untuk memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, cukup dengan memberi centang pada bagian lingkaran yang ada di samping aplikasi.

Setelah memberi centang pada aplikasi yang ingin disembunyikan, pilih β€˜OK’ supaya pengaturan tersimpan dengan baik.

Apabila kalian keluar dari β€˜Pengaturan’ atau β€˜Settings’, namun belum memilih β€˜OK’ maka aplikasi tersebut belum berstatus disembunyikan.

Bila semua langkah di atas telah dilakukan, maka kalian bisa masuk ke tampilan utama yang menunjukkan daftar aplikasi. Periksa kembali aplikasi yang sebelumnya disembunyikan.

Masih ada aplikasi tersebut atau tidak. Bila langkah sudah sesuai dengan tips dari kami, maka pasti aplikasi yang kalian centang tidak akan muncul dalam daftar aplikasi utama.

Lalu jika kalian ingin menampilkan kembali aplikasi yang tadi disembunyikan, maka kalian dapat masuk kembali ke bagian β€˜App Invisible’ yang terletak di menu β€˜Settings’.

Langkah-langkahnya sama dengan sebelumnya. Yang perlu dilakukan hanya menghilangkan tanda centang dalam aplikasi bercentang. Setelah menghilangkan centang, jangan lupa klik β€˜OK’ untuk menyimpan perubahan.

Setelah itu aplikasi yang sebelumnya disembunyikan akan kembali tampil. Sekian tips menyembunyikan aplikasi dalam smartphone Xiaomi.

Selamat mencoba.

Ada komentar?