Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter For Windows Phone

Anom Penulis

Tidak diragukan lagi, media sosial bernama Twitter sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Melalui Twitter, kita bisa dengan mudah dan asik berbagi segala sisi kehidupan dengan yang lain. Dari makan, bisnis, liburan, bahkan sampai curhat gara-gara jomblo. Twitter sendiri menyediakan layanannya di berbagai platform. Salah satunya, tentunya, adalah Twitter for Windows Phone.

Seperti biasa, tampilan yang ada di Twitter ini adalah: Timeline, Mention, dan Message. Di bagian bawah terdapat tombol Refresh, Compose (menulis tweet baru), Message (menulis DM), dan Search. Apabila kita tap tanda more […], maka akan muncul pilihan lain, yaitu Setting dan Profile. Kita bisa memilih theme tampilan, apakah ingin dark atau light.

Twitter for Windows Phone ini belum mendukung realtime streaming. Jadi kita harus menunggu waktu update atau merefresh timeline untuk melihat tweet yang baru (Maaf, belum ada fasilitas Hold & Release to Refresh). Berpindah tab (misalnya dari Timeline ke Mention) otomatis merefresh tab yang dituju. Begitu pun untuk reply, retweet, atau kegiatan lain. Kita harus tap tweet tertentu terlebih dahulu. Kemudian setelah muncul tampilan tweet tersebut baru kita temui tombol reply dan retweet. Untuk Favorite, Quote Tweet (Edit & Retweet), dan Translate, kita harus tap tanda more […]. Di sana juga ada fasilitas Mail Tweet (mengirimkan tweet yang kita pilih lewat email) dan Text Tweet (mengirimkan tweet yang kita pilih lewat sms). Sayangnya, belum ada fasilitas Reply All di sini.

Untuk berbagi foto, saat kita memencet tombol kamera, kita akan dibawa ke album foto yang kita miliki di Picture Hub. Untuk memotret langsung, kita tekan lagi tombol kamera di bawah (tampilan gallery tadi). Kita bisa mengatur layanan foto sesuai pilihan kita. Tersedia layanan yFrog, TwitPic, TweetPhoto dan Twitter.

Baca Juga:  Twitter Tambah Tab "Tweet Terbaru" di Aplikasi iOS

Sejauh ini, belum ada fasilitas pin ke Start Screen untuk tab tertentu. Selain itu, belum tersedia juga Push Notification. Jadi kita harus rajin-rajin mengecek aplikasi ini untuk melihat update Mention atau DM.

Memang mungkin aplikasi resmi dari Twitter ini belum cukup memudahkan kita. Namun bisalah disebut mencukupi. Apabila kurang suka dengan aplikasi ini, tersedia pula aplikasi Twitter lain di marketplace Windows Phone, seperti Mehdoh atau Rowi.