Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Kembangkan Fitur Kolaborasi, Bisa Bikin Tweet Bareng Akun Lain

Indri Penulis

Twitter gosipnya tengah mengembangkan fitur kolaborasi. Fitur ini memungkinkan pengguna bikin tweet bareng akun Twitter orang lain.

Sebagai salah satu raksasa media sosial, sudah bukan rahasia lagi kalau Twitter sangat aktif mengembangkan fitur di dalam platform-nya. Setelah beberapa waktu lalu ketahuan mengembangkan fitur tab khusus Podcast dan tombol untuk meninggalkan percakapan, sekarang Twitter kedapatan mengembangkan fitur kolaborasi.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Alessandro Paluzzi. Seperti biasa, temuannya itu langsung ia unggah di akun Twitter-nya.

Dalam serangkaian tweet yang diunggah oleh Paluzzi, Twitter tampaknya tengah mengerjakan fitur kolaborasi sejak Desember tahun lalu. Mengingat fitur ini masih dalam tahap pengembangan, masih belum jelas apakah Twitter jadi merilisnya secara global atau nggak.

Sementara itu, kamu mungkin bertanya-tanya soal cara kerja fitur ini kan? Kalau berdasarkan temuan Paluzzi, fitur kolaborasi memungkinkan dua akun Twitter untuk berkolaborasi dalam satu tweet.

Sayangnya fitur tersebut tidak (atau mungkin belum) berfungsi secara terus-menerus. Ada beberapa kondisi yang memungkinkan fitur kolaborasi baru bisa aktif. Contohnya kamu harus mengirim undangan ke rekan penulis. Pastikan kalian saling mengikuti dan akun temanmu bersifat publik alias nggak di-private.

Setelah temanmu menerima undangan, tweet akan diposting di kedua timeline akun dan bisa dilihat oleh kedua kelompok followers. Selain itu, tweet tersebut juga akan menampilkan nama dari kedua penulis.

Baca Juga:  Makin Seru, Twitter Bakal Punya Fitur Podcast!

Sebenarnya Twitter sudah memungkinkan penggunanya menandai akun lain di tweet dan foto pakai fitur tag. Tapi fitur tag tidak memunculkan tweet di timeline orang yang ditandai. Sedangkan fitur kolaborasi ini akan memungkinkan tweet muncul di timeline orang yang ditandai, sekaligus dilihat oleh followers-nya.

Walau tampilannya mungkin berbeda, tapi fitur kolaborasi Twitter seolah mengingatkan kita dengan tag yang ada di Facebook. Di Facebook saat kamu menandai orang lain, otomatis postinganmu akan tampil di beranda orang tersebut dan bakal dilihat teman-temannya juga. Cara kerja semacam ini mirip dengan fitur yang sedang dikembangkan Twitter kan?