Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Twitter Rilis Fitur Circle Buat Tampilkan Tweet ke Orang-Orang Tertentu

Indri Penulis

Twitter akhirnya resmi meluncurkan fitur Circle. Fitur ini memungkinkan pengguna menampilkan tweet ke sekelompok orang tertentu.

Sebelum resmi diluncurkan, fitur tersebut sudah sempat diuji ke sebagian pengguna Twitter. Uji coba fitur dilakukan sejak bulan Mei 2022. Cuma dulu namanya adalah ‘Twitter Flock.’

popculture.id

Peluncuran Twitter Circle tentu langsung mendapat sambutan hangat dari pengguna. Pasalnya selama ini, pengguna hanya punya 2 opsi postingan. Yakni posting ke semua orang, atau posting cuitan tapi hanya bisa dilihat oleh mereka sendiri.

Dengan hadirnya fitur Twitter Circle, pengguna Twitter bisa membagikan cuitan ke kelompok yang berisi orang-orang tertentu. Saat ini pengguna bisa menambahkan sampai 150 orang (baik itu followers atau non-followers) ke Circle.

Nah kalau kamu ingin memposting cuitan tapi nggak mau dilihat ‘netizen-netizen julid,’ kamu bisa membagikan cuitan tersebut ke Twitter Circle.

Lalu bagaimana cara menggunakan Twitter Circle? Opsi Circle bakal muncul saat pengguna membuat tweet. Pengguna cuma perlu klik menu drop-down di bagian atas komposer, lalu tekan Circle. Selanjutnya pengguna tinggal pilih siapa saja yang ingin dimasukkan ke Circle dengan mengklik tombol Edit di sebelah opsi.

Fitur ini bisa dibilang benar-benar aman. Kenapa? Anggota Circle tidak akan dikasih tahu kalau mereka telah ditambahkan atau dihapus dari daftar. Hanya saja buat anggota Circle, mereka akan melihat lencana yang bertuliskan, “Hanya orang-orang di Twitter Circle @[nama pengguna] yang bisa melihat tweet ini” di bawah postingan.

Sekali lagi hadirnya Twitter Circle benar-benar patut diapresiasi. Pasalnya Circle bisa membantu pengguna mendapatkan lebih banyak kontrol privasi di akunnya.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya ada media sosial yang menghadirkan fitur seperti Twitter Circle. Sebelumnya, Instagram sudah lebih dulu menghadirkan fitur ‘teman dekat’ yang punya cara kerja mirip Circle.

    %d blogger menyukai ini: