Twitter Siapkan Fitur Pilih Teks atau Text Selection untuk Aplikasi Android

Indri Penulis

Twitter tengah mempersiapkan fitur pilih teks di aplikasi Android. Dengan fitur ini kamu bisa memilih teks tertentu di tweet lalu menyalin/membagikannya.

Twitter hingga kini masih menjadi salah satu platform media sosial favorit banyak orang. Walaupun ada beberapa fitur hanya bisa dinikmati dengan berlangganan Twitter Blue, tapi sedikit pula fitur menarik gratisan yang bisa dinikmati pengguna.

Salah satu fitur gratisan yang masih bisa dinikmati pengguna Twitter adalah text selection (fitur untuk memilih teks). Sayangnya dari dulu fitur tersebut cuma bisa dinikmati oleh pengguna aplikasi Twitter iOS. Sampai sekarang pengguna aplikasi Android belum bisa menikmati fitur tersebut.

Namun baru-baru ini ada kabar yang menyebutkan jika Twitter sedang mempersiapkan fitur pilih teks atau text selection untuk aplikasi Android. Kabar ini dibocorkan oleh analis media sosial, Jane Manchun Wong, lewat akun Twitter resminya.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar yang dibagikan oleh Jane Manchun Wong di atas, Twitter sedang berusaha untuk memboyong fitur text selection ke Android.

Untuk cara kerjanya sendiri, sepertinya sama seperti fitur yang ada di iOS. Lewat fitur text selection, pengguna Twitter bisa memilih (ngeblok) teks tertentu/semua teks dalam sebuah cuitan Twitter.

Cara kerjanya juga hampir mirip seperti saat kita mengeblok teks di ponsel Android. Pas kita menekan agak lama teks tertentu, tampilan blok akan muncul pada teks tersebut. Lalu di atasnya kita bisa melihat beberapa opsi seperti copy, cut, select all, dll.

Nah di Twitter juga sama. Saat pengguna mengeblok kata/kalimat tertentu di tweet, Twitter akan menampilkan tampilan blok pada teks. Untuk opsinya sendiri berdasarkan gambar di atas Twitter cuma menyediakan “Copy,” “Share” dan “Select All.” Tapi karena ini masih tahap uji coba, ada kemungkinan kalau Twitter akan menambah/mengurangi opsi di atas.

Sementara itu, penambahan fitur semacam ini jelas akan membantu pengguna Twitter. Apalagi kalau mereka ingin menyalin kutipan tertentu saja.

Sayangnya kami belum tahu kapan fitur pilih teks di Twitter Android resmi diluncurkan. Tapi untuk solusi sementara, pengguna Android 11 (versi lebih baru) bisa memilih teks dari tweet dengan memanfaatkan fitur bawaan OS. Fitur ini bisa diakses lewat panel multitasking/aplikasi tertentu. Yah walau mungkin kurang nyaman dipakai, tapi setidaknya cara alternatif ini masih cukup berguna untuk orang yang benar-benar membutuhkannya.

    %d blogger menyukai ini: