Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Makin Gila! Twitter Siapkan Fitur Tab Khusus “Podcasts”

Indri Penulis

Twitter kabarnya tengah siapkan fitur tab khusus “Podcast.” Apa ini artinya Twitter bakal menjadi podcast sebagai fokus utama selanjutnya?

Podcast bukanlah istilah baru di kalangan generasi ‘zaman now.’ Beberapa tahun belakangan podcast kian populer tak hanya di kalangan anak muda, tapi hampir menembus seluruh lapisan masyarakat.

popculture.id

Sampai sekarang, Spotify masih menjadi salah satu platform untuk mendengarkan podcast terbesar di Indonesia. Bahkan makin ke sini, Spotify makin rajin menambahkan fitur baru untuk memanjakan penggemar podcast.

Tak mau kalah dengan Spotify, Twitter sepertinya juga ingin mencoba peruntungan di dunia podcast. Apalagi baru-baru ini Twitter dikabarkan tengah mempersiapkan fitur tab khusus untuk podcast.

Kabar ini dibeberkan oleh peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi, lewat akun Twitter-nya. Dalam gambar tersebut, Paluzzi mengatakan kalau fitur Podcasts bisa diakses lewat tab fungsi yang ada di samping aplikasi.

Peneliti aplikasi lainnya, Jane Manchun Wong, juga menemukan tab Podcasts di Twitter (sayangnya pas saya menulis artikel ini, cuitan tersebut sudah dihapus). Cuma bedanya, tab tersebut ada di panel navigasi bagian bawah.

Sumber: Twitter/Jane Manchun Wong (sebelum dihapus)

Belum bisa dipastikan di mana letak tab Podcasts nantinya. Apakah berada di tab samping seperti temuan Paluzzi, berada di bawah seperti temuan Jane, atau justru dua-duanya alias terletak di bagian samping dan bawah aplikasi?

Mau di mana pun letakknya, yang jelas hal tersebut menunjukkan kalau Twitter akan membawa perubahan besar dengan adanya fitur Podcasts. Dengan fitur tersebut, podcaster kemungkinan bisa bikin tautan aktif yang berisi podcast ke aplikasi Twitter mereka.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya Twitter mencoba mengadopsi tren media sosial yang ada saat ini. Sebelumnya mereka juga telah berhasil mengadopsi trend audio room yang dipopulerkan Clubhouse, lalu mencetaknya dalam fitur Twitter Space.

Nggak cuma itu, dulu waktu Instagram Stories lagi booming-booming-nya, Twitter juga pernah mengadopsi fitur yang serupa bernama “Fleets” di tahun 2020. Sayangnya karena fitur tersebut sepi pengguna, Twitter memutuskan menutup Fleets di tahun 2021.

Nah kita lihat saja, nanti pas fitur Podcasts benar-benar ada di Twitter, kira-kira dia bakal sukses atau justru gagal seperti fitur Twitter lainnya.

    %d blogger menyukai ini: