Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Sekarang Bisa Tampilkan Preview Link Instagram Lagi

Indri Penulis

Ada yang baru nih di Twitter. Sekarang Twitter bisa tampilkan preview link Instagram lagi. Cek di sini buat tahu gimana tampilannya.

Sebagai pengguna Twitter, kamu pernah nggak membagikan tautan dari situs atau media sosial lain ke Twitter? Saya yakin mayoritas dari kamu pasti pernah melakukannya.

Ketika kamu membagikan tautan ke Twitter, Twitter biasanya bakal menampilkan preview tautan berupa gambar berukuran penuh. Ini berlaku buat semua website dan media sosial, kecuali Instagram.

Dulu Instagram memang pernah menghadirkan dukungan seperti itu. Setiap kali pengguna membagikan tuatan Instagram ke Twitter, Twitter akan menampilkan preview gambar berukuran penuh.

Sayangnya, Instagram memutuskan buat menghapus dukungan tersebut. Jadi orang lain harus mengklik tautan tersebut untuk tahu seperti apa isinya.

Nah kabar bagusnya, Instagram baru-baru ini mengumumkan di Twitter, kalau dukungan tersebut sudah kembali lagi. Jadi sekarang setiap kali kamu membagikan link Instagram ke Twitter, preview gambar penuh akan muncul kembali.

Perlu kamu tahu, selama ini untuk menerapkan preview tautan di Twitter, pengguna hanya perlu menyisipkan kode HTML di depan link-nya.

Sayangnya Instagram selama beberapa tahun belakangan enggan melakukannya. Menurut Instagram dengan adanya preview tautan yang tampil di Twitter, hal tersebut justru akan mengurangi jumlah orang yang mengetuk tautan ke Instagram (karena mereka sudah melihat sekilas preview-nya).

Kurangnya preview gambar untuk Instagram di Twitter telah menjadi masalah sejak tahun 2012. Karena justru menciptakan peluang layanan pihak ketiga untuk ‘berkarya.’

Baca Juga:  Meta Mulai Uji Coba Fitur Switch Akun Facebook dan Instagram

Contohnya IFTTT, layanan otomatisasi populer yang dapat menampilkan preview gambar Instagram di tweet. Ada juga platform otomatisasi lain, Zapier, yang memiliki cara kerja serupa.

Mungkin bukan cuma itu saja alasan Instagram mengembalikan dukungan preview gambar tautan di Twitter. Dengan comeback-nya dukungan ini, Instagram mungkin juga ingin memanfaatkannya untuk menarik minat pengguna Twitter buat nonton Reels.

Ya, seperti yang kamu tahu, Instagram kini mendorong fitur “Reels” agar semakin di depan. Dengan kembalinya dukungan preview gambar, ini adalah peluang yang cukup bagus. Sebab nanti mungkin ada lebih banyak orang yang bakal mengetuk video kalau mereka melihat preview-nya lebih dulu.