Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Uji Coba Fitur Tombol “CC” untuk Tambahkan Subtitle ke Video

Indri Penulis

Twitter sedang melakukan uji coba fitur tombol “CC.” Saat tombol ini diklik, Twitter akan otomatis menampilkan subtitle dalam video.

Twitter mengatakan kalau fitur tombol “CC” diuji coba ke beberapa pengguna iOS terlebih dulu. Uji coba nanti juga akan hadir untuk beberapa pengguna Android.

Untuk mengetahui cara kerja tombol “CC,” kamu bisa melihat postingan Twitter di bawah ini. Dalam postingannya, Twitter turut mengunggah video yang memperlihatkan letak dan cara kerja tombol “CC.”

Seperti yang ditunjukkan dalam video di atas, tombol “CC” terletak di sudut kanan atas video yang dilampirkan ke tweet. Saat tombol tersebut diklik, teks/subtitle akan otomatis muncul di dalam video. Menurut keterangan Twitter, fitur ini cuma bisa berfungsi untuk video yang di dalamnya memiliki teks.

Sampai sekarang belum jelas kapan fitur ini akan diluncurkan. Toh pengujian di perangkat Android juga belum dilakukan. Kalau pun mau meluncurkan tombol “CC,” berarti Twitter perlu menunggu proses uji coba di seluruh perangkat selesai dilakukan.

Sementara itu, akhir-akhir ini Twitter boleh dibilang rajin banget mengumumkan, meluncurkan dan menguji coba fitur baru. Apalagi setelah para petinggi Twitter mendapatkan tawaran pembelian Twitter oleh CEO Tesla, Elon Musk. Twitter langsung mengumumkan banyak fitur baru dalam beberapa minggu terakhir.

Beberapa fitur yang diumumkan fokus pada aksesibilitas. Sedangkan sebagian lainnya adalah fitur yang selama ini ‘benar-benar diinginkan’ oleh pengguna. Yah katakanlah seperti tombol Edit. Walaupun sampai sekarang tombol Edit Twitter belum diluncurkan secara resmi, setidaknya Twitter kini sudah mulai melakukan uji coba terhadap fitur tersebut. Artinya, tombol Edit Twitter sudah benar-benar ada di depan mata.

Semoga saja setelah ini akan ada lebih banyak fitur menarik yang disajikan Twitter. Lalu yang terpenting, saya pribadi sih berharap semoga Twitter makin ramah dengan penyandang disabilitas (contohnya tunarungu). Dengan hadirnya fitur “CC” nantinya, para penyandang tunarungu akan bisa mengetahui informasi yang disampaikan video lewat subtitle yang muncul di dalamnya.

Gimana menurutmu?