Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Uji Beta Google Play Games untuk Windows akan Dilakukan di 3 Negara

Indri Penulis

Layanan terbaru Google Play Games untuk Windows kini mulai diuji coba lewat versi beta di 3 negara yakni Korea, Hong Kong dan Taiwan.

Sudah bukan kabar baru lagi kalau Google berencana memboyong semua game Android ke Windows pada tahun 2022, lewat Google Play Games versi Windows. Hal ini mereka sampaikan lewat acara The Game Awards 2021 beberapa waktu lalu.

Karena sekarang sudah masuk tahun 2022, Google pun mulai melancarkan rencananya itu. Baru-baru ini, Google telah mengumumkan bahwa beta pertama untuk Google Play Games di PC akan datang dalam waktu dekat di wilayah Korea, Hong Kong dan Taiwan (pendaftaran program beta kini telah tersedia di 3 negara tersebut).

Dalam beta pertama ini, daftar game yang tertera di Google Play Games belum selengkap di Android. Beberapa game yang bisa dimainkan antara lain Mobile Legends: Bang Bang, Summoners War, State of Survival: The Joker Collaboration, dan Three Kingdoms Tactics.

Nanti setelah layanan baru ini resmi rilis, pengguna laptop/komputer bisa mengakses ribuan game Android lewat OS Windows di laptop/komputer. Pengguna juga bisa mengunduh berbagai game Android langsung dari komputer.

Pertanyaannya, apakah semua data game di Android bakal hilang jika diakses lewat Windows? Tenang, itu nggak bakal terjadi. Karena Google Play Games bakal otomatis menyinkronkan akun, lengkap dengan semua data yang ada di dalam game Android. Jadi intinya, kamu cuma pindah platform bermain doang kok.

Menariknya setiap kali memainkan game Android via Google Play Games untuk PC, kamu berkesempatan untuk mendapatkan Google Play Points. Oya, Google Play Games juga mendukung input mouse dan keyboard sebagai ganti layar sentuh di smartphone lho.

Gimana menurutmu, cukup menarik kan? Sayangnya uji coba beta ini baru tersedia di 3 negara saja. Tapi nggak perlu khawatir. Google rencananya bakal melakukan uji coba beta lagi kok, dan jumlah wilayah yang kebagian uji coba juga bakal diperluas. Berdoa saja semoga Indonesia kebagian ya. Hahaha.