Game Android Hadir di Windows Lewat Google Play Games Tahun 2022

Anom Penulis

Selain ada pengumuman game baru di The Game Awards 2021, ada pula pengumuman kecil yang menghebohkan. Google akan membawa berbagai game Android ke Windows melalui Play Games.

Google Play Games merupakan layanan permainan online yang menjadi bagian dari ekosistem Android. Melalui akun Google, semua game yang pernah kamu mainkan di Android bisa tersimpan, termasuk progress dan achievement permainan. Selain itu kamu juga bisa terhubung dengan pemain lain.

Sebagai salah satu platform paling besar di dunia, kini ada sekitar lebih dari 2,8 milyar pengguna yang main game Android secara aktif. Baik di smartphone, tablet, maupun di Chrome OS. Melihat potensi yang ada, tentu tidak heran jika Google ingin mendorongnya lebih jauh.

Rencana menghadirkan game Android di PC Windows diumumkan oleh Greg Hartrell, direktur produk game Android dan Google Play.

Starting in 2022, players will be able to experience their favorite Google Play games on more devices: seamlessly switching between a phone, tablet, Chromebook, and soon, Windows PCs. This Google built product brings the best of Google Play Games to more laptops and desktops, and we are thrilled to expand our platform for players to enjoy their favorite Android games even more.

Greg Hartrell, Games on Android & Google Play Product Director

Memang Windows 11 sudah memungkinkan kamu menggunakan aplikasi Android di komputer. Nah, yang menarik, Google membawa game Android ke playform Windows tidak melalui cara itu. Google juga tidak bekerja sama dengan Bluestack atau aplikasi emulasi game Android lain.

Google mengembangkan aplikasi tersendiri untuk itu (kemungkinan ya Google Play Games untuk Windows). Aplikasi itu akan menjalankan game secara lokal di PC, bukan dari cloud. Jadi berbeda dengan layanan seperti Stadia. Lalu, juga memungkinkan pemain meneruskan permainan di PC Windows setelah main di ponsel atau tablet Android. Termasuk di Windows 10.

β€œThis will be a native Windows app distributed by Google, which will support Windows 10 and up. It will not involve game streaming.”

Greg Hartrell, Games on Android & Google Play Product Director

Sebenarnya, rencana Google mengembangkan kehadiran aplikasi ini sudah tercium pada tahun 2020. Tepatnya melalui dokumen yang menjadi bukti di sidang Apple vs Epic Games. Dokumen itu menyebutkan rencana Google membawa game Android ke komputer Windows dan Mac.

Setelah kini menjadi cukup resmi, tentu sangat menarik melihat perkembangannya. Bagaimanapun platform game kini menjadi satu tren lain. Lihat saja Netflix yang membawa game ke layanan mereka atau perangkat Steam Deck yang membawa game PC ke konsol genggam.

Nah, kita tunggu saja bagaimana perkembangan Google Play Games untuk Windows berikutnya.

    %d blogger menyukai ini: