Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Uji Coba Terbaru TikTok Stories Mirip Snapchat, Begini Penampakannya

Indri Penulis

TikTok memperluas uji coba TikTok Stories. Dalam uji coba terbarunya, desain fitur TikTok Stories terlihat mirip dengan Snapchat.

Pada bulan Agustus 2021, pengamat media sosial Matt Navarra melaporkan kalau TikTok sedang menguji coba TikTok Stories, fitur tersebut disebut-sebut punya cara kerja yang hampir mirip dengan Story di Instagram, Facebook dan Snapchat.

popculture.id

Sayangnya waktu itu TikTok belum mengonfirmasi apa pun soal temuan Matt Navarra. Beberapa bulan setelahnya, TikTok baru ‘blak-blakan’ bilang kalau mereka memang sedang menguji coba TikTok Stories, tapi cuma dilakukan ke beberapa pengguna saja.

Maret 2022 ini, TikTok mengumumkan jika mereka memperluas uji coba TikTok Stories ke lebih banyak pengguna. Pernyataan tersebut mereka sampaikan kepada situs TechCrunch.

Saat ini, kami sedang memperluas uji coba, yang memberikan format tambahan kepada pembuat konten untuk mewujudkan ide kreatif mereka untuk komunitas TikTok,” kata TikTok.

Gambar di bawah ini adalah penampakan terbaru dari TikTok Stories. Dalam uji coba terbarunya ini, penampilkan TikTok Stories tampak lebih matang dibanding saat pertama kali ditemukan oleh Matt Navarra.

Dilansir dari The Verge, kalau kamu kebagian uji coba, saat pertama kali membuka aplikasi TikTok, kamu akan disambut dengan pesan pop-up yang mengajakmu bikin story.

Bikin TikTok Stories sebenarnya hampir mirip saat kamu mengambil foto/video pakai fitur standar TikTok. Bahkan berbagai tools pengeditan, efek, filter, dan pilihan audio yang bisa dipakai juga sama. Yah cuma bedanya, TikTok Stories nggak akan muncul langsung di profil/feed seperti postingan biasa. Selain itu, TikTok Stories juga akan lenyap setelah 24 jam.

Nanti hasilnya setelah diposting, tampilan TikTok Stories akan mirip seperti fitur Story yang ada di Snapchat. Di sisi kanan layar kamu bisa melihat foto profil si pembuat Stories, tombol Like, komentar, dan tombol lainnya.

Walau cara kerjanya hampir mirip dengan fitur Story yang ada di beberapa media sosial lain (bisa hilang setelah 24 jam), namun ada satu hal yang membuat TikTok Stories berbeda.

Perlu kamu tahu, TikTok Stories nggak dibekali fitur swap untuk menggeser cerita pengguna lain secara bergantian seperti di Instagram. Jadi kalau mau nonton TikTok Stories, kamu harus klik gambar profil si pengguna yang dilingkari lingkaran berwarna biru.

Tapi tenang dulu. Karena ini sifatnya masih tahap uji coba, masih ada kemungkinan jika TikTok akan merombak kembali fiturnya itu. Berdoa saja semoga pas hasil akhirnya rilis, fitur tersebut mendukung swap story. Kalau dipikir-pikir kan repot ya, masa kita harus mengunjungi profil orang satu-satu buat nonton Stories. Ya nggak?

Untuk sementara ini, baru itu saja informasi terbaru yang dibeberkan oleh TikTok. Untuk tanggal peluncuran resmi fitur TikTok Stories, TikTok masih memilih bungkam alias belum mau membocorkan apapun.

    %d blogger menyukai ini: