Uji Coba Fitur Twitter Notes Sudah Mulai Dilakukan

Indri Penulis

Twitter akhirnya resmi uji coba fitur “Notes” buat bikin cuitan super panjang. Gimana tampilannya? Kamu bisa lihat dalam ulasan ini.

Media sosial mungkin memang ada banyak. Tapi setiap media sosial pasti punya ciri khas tersendiri, yang membuat orang-orang setia menggunakan media sosial tersebut.

Katakanlah seperti Instagram yang identik dengan platform berbagi foto (dan sekarang video). Lalu ada juga Twitter yang identik dengan platform ‘pelit kata-kata,’ karena membatasi jumlah kata yang bisa dipakai penggunanya setiap bikin cuitan.

Ngomongin soal Twitter nih, sebelumnya sempat ada kabar bahwa Twitter bakal memungkinkan penggunanya bikin cuitan super panjang lewat fitur ‘Twitter Article.

Juni 2022 ini, lewat akun resminya, Twitter resmi mengumumkan bahwa mereka sudah mulai uji coba fitur tersebut. Bukan Twitter Article seperti sebelumnya, fitur tersebut berganti nama menjadi “Notes.” Seperti rumor sebelumnya, fitur ini memungkinkan pengguna bikin cuitan super panjang alias seperti blog.

Dilansir TechCrunch, saat ini sebagian penulis di Amerika Serikat, Kanada, Ghana dan Inggris Raya sudah mendapatkan akses ke Notes sebagai bagian dari tahap pengujian awal.

Twitter sendiri mengatakan kalau Notes bisa dibaca di dalam dan di luar Twitter, oleh orang-orang di banyak negara ‘meskipun mereka mungkin saat ini belum kebagian akses Notes.’

Lalu bagaimana cara menggunakan Twitter Notes? Gampang. Buat pengguna yang kebagian uji coba, mereka bisa pakai tab baru bernama “Write.” Di situ pengguna bisa menulis dan mengakses semua Notes mereka.

Pengguna juga akan memiliki tab “Notes” di profil mereka. Tab tersebut berfungsi untuk menyimpan dan menerbitkan tulisan. Dengan tab anyar ini, pengikut juga bisa menemukan semua cuitan panjang mereka.

Dengan fitur baru ini, pengguna Twitter bisa membuat artikel dengan menggunakan banyak format dan tambahan media tertentu. Pengguna juga bisa me-tweet dan membagikan artikel tersebut ke pengikut setelah dipublikasikan.

Nantinya pengguna Twitter akan memiliki opsi untuk menyematkan foto, video, GIF, dan tweet ke dalam Notes mereka. Layaknya tweet biasa, Notes nanti akan memiliki tautannya sendiri yang bisa di-tweet, di-retweet, dan dikirim ke DM, disukai atau bahkan di-bookmark.

Di sisi lain hadirnya fitur Notes bakal membuat perubahan yang sangat signifikan di Twitter. Seperti yang kita tahu, selama ini Twitter sangat membatasi penggunanya dalam menggunakan jumlah kata dalam setiap cuitan. Terakhir saja, mereka cuma menggandakan jumlah karakter yang bisa dipakai dari 140 menjadi 280 karakter.

    %d blogger menyukai ini: