Ada Layanan Video ShareChat, WhatsApp Uji Coba Banyak Fitur

WhatsApp kabarnya sedang melakukan uji coba banyak fitur. Fitur-fitur yang sedang diuji coba saat ini adalah layanan video ShareChat, akses multi-platform, dll.

Akhir-akhir ini WhatsApp cukup rajin menguji coba fitur baru. Seperti beberapa minggu yang lalu, WhatsApp menguji coba fitur integrasi Messenger Room yang mirip Zoom.

WhatsApp juga sempat menguji coba fitur QR baru. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa chat tanpa perlu tambah kontak lebih dulu. Cuma lewat scan kode QR, pengguna sudah bisa chattingan dengan orang baru.

Tidak cukup sampai di situ, kini WhatsApp juga sedang uji coba fitur baru lainnya. Tidak cuma satu, tapi fitur yang diuji coba lumayan banyak. Apa saja fiturnya?

WhatsApp Uji Coba Banyak Fitur Baru

Fitur pertama yang diuji WhatsApp saat ini adalah dukungan multi-platform ke aplikasi. Sebenarnya rumor soal fitur ini sudah menyebar sejak Maret lalu.

Menurut WABetaInfo, fitur tersebut sampai sekarang masih dikembangkan. Sampai sekarang pun belum diketahui kapan fitur ini bakal rilis.

Lalu apa sebenarnya fungsi fitur multi-platform? Jadi fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan akun WhatsApp mereka ke 4 perangkat sekaligus.

Tidak hanya dukungan multi-platform, WhatsApp juga menguji coba beberapa fitur lain. Ada fitur Search berdasarkan tanggal, alat baru untuk Storage Usage, opsi Clear kecuali untuk yang berlabel bintang, dukungan ShareChat, dan Search gambar di web.

Sumber Gambar : WABetaInfo

Untuk fitur Search berdasarkan tanggal, WhatsApp bakal menambah ikon kalender di obrolan. Kalian bisa ketuk ikon tersebut, kemudian filter pesan sesuai tanggal yang kalian inginkan.

Kemudian beralih ke fitur Storage Usage. Fitur ini memungkinkan kalian mengelola penyimpanan WhatsApp dengan lebih efisien.

Sumber Gambar : WABetaInfo

Bukan cuma penyimpanan biasa. WhatsApp kabarnya bakal menambahkan beberapa filter baru. Jadi pengguna bisa mencari file berdasarkan ukuran, atau sesuai opsi lainnya.

Oya, WhatsApp juga bakal menambahkan tombol Sort (Sortir) baru. Tombol ini bisa dipakai untuk mengurutkan foto yang dibagikan dalam obrolan. Tombol ini memiliki tiga opsi yakni Newest, Oldest dan Size.

Sementara opsi Clear (Hapus) kecuali untuk yang berbintang sekarang tengah diuji coba di iOS. Sesuai namanya, kalian bisa menghapus semua pesan kecuali yang telah diberi tanda bintang.

Sumber Gambar : WABetaInfo

Fitur ini tidak hanya berlaku di halaman obrolan, namun juga di Storage Usage. Jadi kalian bisa menghapus pesan dan file dari bagian Storage Usage, tanpa perlu khawatir file berbintang ikut terhapus.

WhatsApp sekarang juga tengah menguji coba fitur ShareChat, tapi baru dilakukan di India. Buat kalian yang belum tahu, ShareChat adalah media sosial populer di India dengan 60 juta pengguna aktif bulanan.

Sumber Gambar : WABetaInfo

Fitur ini nantinya memungkinkan pengguna WhatsApp bisa melihat video di ShareChat, tanpa dialihkan ke jendela browser. Cara kerjanya mirip seperti video YouTube yang diputar dalam mode Picture-in-Picture di obrolan.

Fitur terakhir yang dikembang kan WhatsApp adalah Search (Pencarian) gambar. Fitur ini tengah dikembangkan dalam aplikasi Android dan iOS.

Sumber Gambar : WABetaInfo

Fitur ini hadir dalam tombol cari. Search bakal menggantikan tombol lanjutkan yang ada di samping gambar terusan orang lain.

Kalau kalian mengetuk tombol Search, WhatsApp akan mengunggah gambar itu ke Google. Lalu kalian bisa temukan informasi lebih lengkap soal gambar tersebut.

%d blogger menyukai ini: