Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Update Google Chrome Desktop Baru Bikin Lihat Hasil Pencarian Lebih Mudah

Anom Penulis

Pada update Google Chrome desktop yang baru, terdapat sebuh fitur menarik. Kini pengguna bisa mencari, melihat situs web, dan berpindah ke hasil pencarian lain dengan mudah. Tanpa harus menekan tombol Kembali (Back).

Fitur ini hadir pada pembaruan aplikasi browser Google Chrome versi 107 bersama pembaruan lain. Google mengumumkannya melalui situs resmi.

Sebenarnya ada dua hal baru dalam update kali ini. Yang pertama adalah pelacakan harga dari toko online, dan yang kedua, pencarian di panel samping.

Dengan pelacakan harga di toko online, pengguna bisa mendapat pemberitahuan lewat email jika ada perubahan harga. Misalnya jika ada penurunan harga saat promo. Dengan begitu pengguna bisa membeli produk bersangkutan dengan harga yang sesuai kantong.

Fitur kedua ini tidak kalah menarik dan lebih praktis. Karena fitur panel samping (side panel) ini tidak membuatmu repot bolak-balik kembali ke hasil pencarian semula.

gambar fitur panel samping pada update google chrome desktop

Pengguna bisa menikmati fitur baru ini jika sudah mendapat dan melakukan update Google Chrome desktop versi 107.

Yang perlu dilakukan adalah ketik pencarian di kotak alamat dan tekan enter. Lalu, pilih salah satu hasil pencarian yang ingin dilihat. Seperti biasa, situs web akan terbuka.

Kemudian pengguna bisa mengarahkan kursor ke kotak alamat. Di sana akan ada tombol dengan logo Google muncul, bertuliskan “Open Search in side panel.”

Ketika pengguna klik tombol tersebut, akan muncul hasil pencarian yang tadi dibuat pada panel samping sebelah kanan. Sementara, situs web dibuka tetap ada di sebelah kiri yang lebih besar.

tangkapan layar panel samping pencarian dari update google chrome desktop 107

Jika pengguna klik hasil pencarian lain yang ada di panel samping, situs web yang terpampang di sebelah kiri akan berganti ke situs yang dipilih. Dengan begitu, berpindah antar hasil pencarian bisa berjalan lebih mudah.

Baca Juga:  Cara Mengganti Akun Google Chrome Yang Lengkap Baik Di Komputer Maupun Ponsel

Melalui fitur pada update Google Chrome desktop ini, Google berusaha memangkas waktu yang terbuang ketika pengguna klik tombol Kembali di browser. Bahkan ketika mereka membuka banyak tab dengan hasil pencarian masing-masing.

Pengguna Chrome pun bisa membandingkan hasil pencarian dengan cepat. Misalnya saat mencari review laptop dan ingin membaca dari website satu ke website yang lain.

Tidak hanya itu. Pengguna juga bisa melakukan pencarian baru di panel samping ini. Sehingga tidak perlu mengetik di kotak alamat dan mengganti situs web yang sedang dibaca.

Panel samping ini berbeda dengan panel lain yang sudah ada, yaitu Bookmark dan Reading List. Jika panel samping untuk pencarian dibuka lewat logo Google di kotak alamat, maka panel samping lain memiliki tombol sendiri di toolbar.

Google Chrome memang merupakan browser paling populer. Google juga terus menambah fitur-fitur seru di dalamnya. Di sisi lain, ada juga pengguna yang kurang suka dengan sisi pelacakan yang ada.

Jika kamu salah satunya, dan ingin membersihkan riwayat di browser andalanmu itu, kamu bisa baca tutorial cara menghapus pencarian di Chrome.

Nah, apakah kamu sudah melakukan update Google Chrome desktop terbaru ini? Sudah mencoba fitur baru panel samping pencarian ini? Kalau belum silakan update dan coba.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa mengikuti kami di Google News.