Update Telegram 8.4 Hadirkan Fitur Sembunyikan Spoiler, Reaksi Pesan, dll

Indri Penulis

Telegram resmi meluncurkan update versi 8.4. Dalam update kali ini Telegram memboyong fitur tag spoiler, reaksi chat, dll.

Beberapa waktu lalu, Telegram sempat dilaporkan tengah menguji fitur anyar. Fitur tersebut disebut-sebut mampu menyembunyikan pesan spoiler, sekaligus mencegah pengguna Telegram membuka pesan yang berisi spoiler.

Desember ini akhirnya fitur untuk sembunyikan spoiler resmi meluncur lewat pembaruan Telegram versi 8.4. Tak sendiri, ia datang dengan beberapa fitur lain seperti reaksi chat, penerjemah pesan, dll.

Nah, biar nggak penasaran, mari kita kupas satu per satu fiturnya!

Fitur pertama adalah reaksi pesan. Sebenarnya fitur semacam ini sudah ada sejak dulu dan bisa kamu lihat di Facebook Messenger, Discord dan bahkan Slack (WhatsApp kabarnya juga tengah menguji coba fitur yang sama).

Lalu bagaimana cara kerja fitur reaksi pesan di Telegram? Setiap kali ada orang yang mengirim pesan di ruang obrolan, kamu bisa memberikan reaksi ke pesan tersebut. Caranya gampang, kamu tinggal klik dua kali pesan tersebut, lalu pilih reaksi yang ingin kamu berikan.

Nah yang selanjutnya adalah fitur untuk menyembunyikan spoiler. Gimana, kamu habis nonton film “Spider-Man: No Way Home” dan ingin membicarakannya dalam obrolan grup, tapi kamu nggak mau mengganggu temanmu yang benci spoiler?

Tenang saja. Sekarang kamu bisa pakai fitur Tag Spoiler. Fitur ini akan memberikan tanda khusus pada pesanmu yang berisi spoiler (tampilannya seperti pesan yang rusak). Setelah itu pesanmu hanya bisa dilihat dengan mengkliknya.

Fitur ini jelas bakal menguntungkan semua anggota grup chat. Buat yang suka dengan spoiler, mereka tinggal klik pesan tersebut untuk melihat isinya. Sedangkan untuk yang nggak suka spoiler, mereka bisa mengabaikan pesan tersebut.

Terakhir ada fitur penerjemah pesan. Lewat fitur tersebut, sekarang kamu bisa menerjemahkan pesan ke dalam berbagai bahasa ‘langsung’ dari aplikasi Telegram (nggak perlu bantuan Google Translate atau aplikasi penerjemah lainnya deh).

Kamu bisa mengaktifkan tombol “Translate” yang ada di dalam pengaturan bahasa Telegram. Setelah itu tahan pesan yang ingin kamu terjemahkan.

Fitur ini berlaku untuk semua perangkat Android yang mendukung Telegram. Tapi khusus pengguna iOS, kamu harus menggunakan iOS 15 atau versi yang lebih baru di iPhone.

Selain ketiga fitur di atas, Telegram juga masih memboyong beberapa pembaruan kecil lainnya. Contohnya kode QR bertema untuk nama pengguna, menu baru untuk macOS, dan emoji yang lebih interaktif.

    %d blogger menyukai ini: