Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Update Telegram April 2022 Hadirkan Suara Notifikasi Pilihan Sendiri

update telegram april 2022
Anom Penulis

Update aplikasi Telegram terbaru pada bulan April 2022 menghadirkan beberapa fitur menarik. Misalnya bisa memilih suara untuk notifikasi, melihat balasan pesan yang diteruskan, memperpanjang durasi membisukan percakapan, dan beberapa lainnya.

Memang sudah bukan rahasia kalau Telegram rajin memperbarui dan memberikan fitur baru pada aplikasinya. Bahkan termasuk yang paling maju di dalam urusan fitur. Misalnya kalau kita bandingkan dengan WhatsApp yang lebih populer.

Update Aplikasi Telegram Terbaru

Pada update bulan Maret, kita sudah mendapatkan fitur Download Manager dan beberapa lainnya. Nah, apa saja fitur baru pada update aplikasi Telegram bulan April 2022 ini? Mari kita lihat satu per satu.

Suara Notifikasi Pilihan Sendiri

Yes, kamu sekarang bisa mengubah file audio menjadi suara notifikasi. Kamu juga bisa mengambil file audio atau pesan suara dari percakapan ke dalam koleksimu.

Cara mengatur suara notifikasi ini bisa kamu lakukan melalui Settings > Notifications and Sounds. Kamu bisa upload audio dengan syarat durasi di bawah 5 detik dan ukuran di bawah 300 kb.

Mengatur Durasi Mute

Telegram memang sudah mendukung membisukan percakapan cukup lama. Nah, sekarang kamu bisa mengatur mute notifikasi percakapan dengan lebih banyak pilihan durasi waktu.

Penerapan mute ini hadir untuk tiap percakapan. Kamu bisa mematikan suara notifikasi saja atau mematikan notifikasi sepenuhnya.

Cara mengatur mute percakapan ini bisa kamu temukan di Android pada halaman info atau tekan ⚫︎⚫︎⚫︎ > Mute, sedangkan di iOS kamu bisa temukan di halaman info.

Otomatis Menghapus Chat

Apa kamu termasuk orang yang sering melakukan clear chat? Nah, Telegram kini menyediakan cara untuk menghapus pesan dalam percakapan secara otomatis. Asik kan?

Kamu bisa mengatur hapus pesan otomatis ini melalui halaman info percakapan Telegram. Tekan tombol ⚫︎⚫︎⚫︎ dan pilih ‘Enable Auto-delete‘, lalu tentukan kapan pesan akan dihapus.

Baca Juga:  Telegram akan Tawarkan Fitur Perlindungan Akun Via Email

Forward Pesan dan Balasannya

Meneruskan atau forward chat memang sudah bisa kita lakukan di Telegram cukup lama, dan caranya pun mudah, yaitu tinggal swipe. Nah, kini kita juga bisa meneruskan sebuah pesan dan balasan pesan bersangkutan dalam sekali kirim.

Seperti kamu lihat, Telegram tetap akan menunjukkan kalau sebuah pesan merupakan balasan dalam forward-an. Jadi kita tetap bisa mengetahui konteks percakapan. Oya, Telegram juga menyebutkan kalau kamu bisa menyembunyikan nama jika ingin menjaga privasi pengirim.

Pengembangan Fitur Lain

Dalam update aplikasi bulan April 2022 ini, Telegram juga memperbaiki dan meningkatkan beberapa fitur sehingga lebih baik. Misalnya, terjemahan pesan di aplikasi iOS dan tampilan picture-in-picture di aplikasi Android.

Kemudian Telegram juga meningkatkan fitur bot dalam percakapan dan animasi yang lebih baik, termasuk juga untuk emoji.

Nah, silakan cek pembaruan aplikasi Telegram di perangkat kalian.