Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Update Telegram Desember 2022 Terlengkap, Sekarang Bisa Daftar Tanpa Kartu SIM!

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram
Indri Penulis

Update Telegram Desember 2022 akhirnya resmi diluncurkan. Kabar bagusnya, sekarang kamu bisa daftar Telegram tanpa kartu SIM.

Telegram adalah aplikasi chat online yang paling rajin meluncurkan update. Nggak cuma pembaruan biasa, fitur-fitur baru yang disajikan Telegram sering kali ‘out of the box.’ Soalnya kebanyakan fiturnya belum dimiliki aplikasi pesaingnya.

Nah baru-baru ini, Telegram resmi meluncurkan update edisi bulan Desember. Kira-kira apa aja hal baru yang disajikan update Telegram Desember 2022? Yuk, langsung aja kita kepoin bareng-bareng.

Apa Saja yang Baru di Update Telegram Desember 2022?

Bisa Daftar Telegram Tanpa Kartu SIM

Yap, selama ini kalau orang mau daftar telegram, mereka wajib punya kartu SIM. Konsepnya sama seperti saat daftar WhatsApp lah.

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram

Tapi setelah update kali ini, semua jauh lebih fleksibel. Pengguna baru bisa daftar Telegram tanpa kartu SIM. Sebagai gantinya, pengguna bisa masuk ke akun menggunakan ‘nomot anonim.’

Nomor anonim tersebut dibuat berdasarkan tenaga blockchain yang tersedia di platform Fragment. Perubahan ini dilakukan Telegram untuk menjaga privasi pengguna, alias menyembunyikan nomor telepon dari orang lain.

Hadirnya Kemampuan Hapus Obrolan Secara Otomatis

Telegram juga turut memperkenalkan kemampuan baru untuk menghapus obrolan secara otoamtis. Sebenarnya kemampuan seperti ini sudah diumumkan Telegram sejak tahun 2013.

Waktu itu, pengguna bisa menghapus pesan apapun yang mereka kirim atau terima ‘untuk kedua sisi’ tanpa meninggalkan jejak. Pengguna juga bisa mengatur timer penghapusan otomatis untuk membersihkan obrolan setelah jangka waktu tertentu.

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram

Desember ini, Telegram kembali meningkatkan kemampuan tersebut. Pengguna sekarang bisa mengatur timer penghapus pesan otomatis secara global. Fungsinya agar Telegram bisa langsung otomatis menghapus semua obrolan baru.

Baca Juga:  Update Telegram April 2022 Hadirkan Suara Notifikasi Pilihan Sendiri

Fyi, fitur yang satu ini nggak cuma bisa dipakai di ruang obrolan pribadi. Tapi pengguna juga bisa menerapkannya di dalam obrolan grup.

Topic Versi 2.0

Dalam pembaruan sebelumnya, Admin grup dibekali kemampuan untuk memilah-milah bahan diskusi dalam beberapa Topic. Sekarang Telegram resmi menghadirkan Topc versi 2.0. Apa yang baru darinya?

Jadi sekarang grup yang mengaktifkan topik akan dibuka dalam mode dua kolom. Dengan begitu setiap anggota grup bisa mengakses topik dengan lebih cepat.

Untuk membuka topik terbaru, pengguna bisa melihatnya langsung dari daftar obrolan. Pengguna cukup klik tombol baru dalam pratinjau yang ditampilkan.

Selain itu, Grup kini juga punya topik bawaan bernama General. Topik tersebut akan menyimpan pesan layanan grup beserta riwayat pesan sebelum fitur Topic diaktifkan.

Fitur Aggressive Anti-Spam

Telegram adalah salah satu aplikasi chat online terlaris di dunia. Tapi karena hal itu jugalah Telegram menjadi sasaran empuk untuk para penipu.

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram

Biasanya pemilik grup besar di Telegram akan menggunakan bot anti-spam pihak ketiga. Fungsinya untuk membantu admin menjaga ‘kesucian’ obrolan grup.

Tapi sekarang bot ­anti-spam udah nggak perlu lagi. Soalnya Telegram sudah punya fitur Aggressive Anti-Spam. Fitur ini akan membantu menyaring spam secara otomatis. Fitur ini bisa dipakai oleh grup dengan lebih dari 200 anggota.

Temporary QR Codes

Sekarang pengguna Telegram yang punya username publik bisa bikin kode QR lewat fitur Temporary QR Codes. Dengan begitu pengguna bisa dengan cepat kenalan dengan orang lain di sekitarnya.

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram

Keberadaan fitur tersebut sangat penting. Pertama, fitur tersebut bisa membantu menyembunyikan nomor telepon pengguna. Selain itu, fitur tersebut juga cocok untuk pengguna yang belum punya username.

Fitur Pencarian Emoji di Aplikasi Telegram iOS

Khusus untuk pengguuna aplikasi Telegram iOS, sekarang Telegram mendukung fitur Pencarian Emoji / Emoji Search. Sesuai namanya, fitur ini bisa digunakan untuk mencari emoji tertentu.

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram

Caranya pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian. Lalu emoji yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan langsung muncul.

Baca Juga:  Resmi! Pavel Durov Umumkan Telegram Premium

Berbagai Pembaruan Lainnya

Telegram tidak hanya memboyong berbagai fitur baru. Tapi Telegram juga telah melakukan berbagai perbaikan dalam platform-nya.

Contohnya bagian Storage Usage / Pemakaian Penyimpanan saat ini sudah didesain ulang untuk aplikasi Android. Hasilnya, tampilan versi Android jadi mirip dengan iOS.

update telegram desember 2022
Sumber: Telegram

Selain itu Telegram juga sudah menyiapkan 10 paket emoji kustom baru. Paket ini bisa dipakai oleh pengguna Telegram Premium untuk mengekspresikan perasaan.

Dalam update Telegram Desember 2022 juga hadir lebih banyak emoji interaktif baru. Untuk menggunakannya, pengguna cukup klik emoji tersebut. Lalu emoji tersebut akan tampil dalam layar penuh, lengkap dengan animasi lucunya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]