Cara Upload Video IGTV Lewat Komputer

upload video instagram tv di komputer

Video Instagram TV alias IGTV berbeda dengan biasanya. Untuk itu, tentunya lebih enak kalau upload video IGTV lewat komputer. Bagaimana caranya?

Yang perlu dipahami pertama kali adalah durasi video IGTV lebih panjang dari video Instagram biasa atau video IG Story. Instagram menetapkan kalau durasi video tersebut sepanjang 15 menit sampai 1 jam. Hal ini memberi kesempatan pada kita untuk melakukan proses editing yang lebih baik. Tentunya supaya enak ditonton.

Selain itu, yang berpengaruh pada proses upload tentu saja koneksi internet. Dalam hal ini tentu saja akan lebih baik kalau menggunakan Wi-Fi. Memang, dengan handphone pun bisa pakai Wi-Fi. Tapi tidak ada salahnya juga pakai komputer.

BACA JUGA
Panduan Kualitas Video IGTV Beserta Frame Rate

Sejak dulu Instagram memfokuskan aplikasinya pada pengguna handphone. Dukungan lewat situs web terbilang minim. Baru akhir-akhir ini saja aplikasi web Instagram sudah lebih bersahabat.

Namun semua berbeda dengan IGTV. Melalui aplikasi ini, Instagram ingin menyaingi YouTube dan ingin membuat video berformat vertikal lebih populer. Artinya, ia harus membuka pintu lebih luas untuk berbagai perangkat. Kita pun bisa upload di komputer lewat browser.

Cara Upload Video IGTV di Komputer

  1. Buka situs web www.instagram.com/tv/upload/ di browser.
    • Kamu harus login terlebih dahulu sebelum menuju alamat di atas. Kalau tidak, halaman tersebut tidak tersedia.
  2. Unggah video di tempat yang sudah disediakan di sebelah kiri.
  3. Instagram akan memilih foto sampul untuk video tersebut.
    • Klik tombol ‘Edit’ untuk mengganti foto sampul dengan foto buatanmu sendiri (kalau mau).
  4. Isi judul video.
  5. Isi deskripsi video.
  6. Kamu bisa langsung mengirimnya dengan tombol ‘Post’ atau menyimpannya dengan tombol ‘Save Draft’.
  7. Perfection!
tampilan upload video igtv di komputer

Tampilan saat upload video IGTV di komputer

BACA JUGA
3 Kelemahan Fitur Instagram TV (IGTV)

Saat artikel ini ditulis, Instagram belum memberi fitur edit apa pun. Yah, mungkin juga tidak akan ada. Karena seperti sudah saya sebut, video dengan durasi seperti itu akan lebih enak diedit dengan aplikasi editor video tersendiri.

Memang untuk yang satu ini, lebih baik kamu rencanakan video baik-baik. Video di Story atau Instagram biasa bisa ditonton sambil lalu. Tapi IGTV beda. Kalau tidak dibuat dengan baik, malah tidak enak dilihat.

Demikianlah cara upload video IGTV lewat komputer. Selamat mencoba dan jangan lupa sarapan.

Ada komentar?