Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Valve Peringatkan Pengguna untuk Jangan Modifikasi SSD Steam Deck

modifikasi steam deck
Indri Penulis

Valve beri peringatan pada pengguna Steam Deck buat jangan modifikasi SSD perangkat mereka. Tapi alasannya kenapa? Kok, sampai nggak boleh?

Steam Deck adalah konsol genggam besutan Valve yang mencuri banyak perhatian orang. Konsol genggam ini mulai dijual pada tanggal 25 Februari 2022 (setelah sebelumnya ada proses pre-order dengan harga ‘gila-gilaan’), dan langsung diserbu banyak penggemar.

popculture.id

Steam Deck sendiri telah hadir dengan fitur-fitur yang bisa meningkatkan aktivitas gaming, salah satunya fitur penyimpanan berbasis SSD 2230 M.2 NVME yang diklaim cukup handal melibas berbagai jenis game.

Sayangnya nggak sedikit pengguna Steam Deck yang merasa belum puas dengan fitur penyimpanan yang disajikan Valve. Alhasil, mereka memutuskan untuk memodifikasi fitur penyimpanan Steam Deck. Tapi yang perlu kamu tahu, ternyata memodifikasi Steam Deck justru bisa berbahaya lho.

Baru-baru ini seorang perancang Valve, Lawrence Yang, meminta pada pengguna Steam Deck supaya mereka nggak melakukan modifikasi perangkat. Tepatnya modifikasi seperti meningkatkan SSD Steam Deck untuk menampung versi 2242 M.2 NVMe (versi standarnya adalah SSD 2230).

“Hai, tolong jangan lakukan ini. IC pengisi daya nanti bisa menjadi super panas dan bantalan termal di dekatnya nggak boleh dipindahkan. Selain itu, mayoritas drive 2242 M.2 menarik lebih banyak kekuatan dan menjadi lebih panas daripada SSD standar yang memang dirancang untuk Steam Deck.”

Lawrence juga menekankan bahwa, mungkin modifikasi tersebut ‘tampak’ berfungsi dengan baik dan nggak menimbulkan masalah buat Steam Deck. Tapi sebenarnya lambat laun, imbas dari proses modifikasi tersebut akan ‘mempersingkat’ masa pakai Steam Deck.

Tweet Lawrence itu merupakan tanggapan atas artikel PC Gamer yang membahas soal bagaimana modifikasi SSD Steam Deck ternyata cukup mudah dilakukan.

Seperti yang sudah disebut di atas, modifikasi itu mengganti SSD bawaan Steam Deck dengan drive 2242 M.2. Drive tersebut memang memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dari versi bawaan.

Walau begitu, sang modder sendiri (yang dibahas di artikel PC Gamer) sebenarnya juga sudah menyadari kalau komponen penyebar panas jadi agak melengkung. Suatu hal yang mungkin akan membuat Steam Deck bisa lebih panas (karena tidak terpasang sempurna), di samping masalah performa lebih tinggi.

Dilihat dari himbauan yang diberikan oleh Lawrence Yang, sepertinya Steam Deck memang sudah dirancang seoptimal mungkin. Sehingga pengguna Steam Deck benar-benar nggak boleh asal modifikasi perangkat mereka.

Yah setidaknya kalau mereka ingin Steam Deck tetap awet sih. Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: