Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

What? Streaming Video YouTube 4K Bakal Wajib Bayar!

youtube on mac safari
Indri Penulis

Ada kabar buruk nih. Dengar-dengar streaming video 4K di YouTube bakal wajib bayar! Waduh, aktivitas streaming jadi kurang asik dong!

Semua orang tentu sudah tahu kalau YouTube adalah raksasa streaming video. Telah ada sejak bertahun-tahun lalu, YouTube terkenal sebagai platform yang memungkinkan pengguna streaming video secara gratis.

YouTube juga sering menambahkan fitur-fitur baru ke dalam platform-nya. Contoh kecilnya adalah opsi resolusi streaming video. Kalau bertahun-tahun lalu YouTube mungkin mentok mendukung resolusi 1080p, sekarang YouTube sudah lebih canggih dengan menghadirkan dukungan streaming 4K.

Dengan resolusi 4K, aktivitas streaming jelas terasa jernih dan adem di mata. Apalagi resolusi segitu bisa dinikmati oleh semua orang alias nggak cuma pelanggan YouTube Premium.

Tapi ada kabar kurang menyenangkan nih. Sepertinya sebentar lagi kenikmatan nonton video 4K secara gratis di YouTube bakal dicabut. Pasalnya YouTube dengar-dengar bakal mengalihkan opsi tersebut ‘khusus buat pelanggan YouTube Premium.’

Kabar ini kami dapatkan dari Reddit (via Twitter Nils Ahrensmeier). Dalam forum tersebut muncul desas-desus jika YouTube bakal membuat opsi video 4K jadi berbayar.

Postingan Reddit tersebut otomatis langsung banjir komentar beragam dari netizen. Mayoritas orang yang benar-benar butuh resolusi video 4K adalah mereka yang nonton YouTube lewat TV. Sedangkan pengguna smartphone tampaknya sudah cukup nonton video dengan kualitas 1440p atau 1080p.

Sementara itu, nggak sedikit juga pengguna Reddit yang menyayangkan langkah YouTube. Pasalnya YouTube yang selama ini terkenal gratis, tapi akan bikin resolusi berbayar ke depannya.

Di sisi lain sampai artikel ini ditulis, YouTube belum memberikan pernyataan resmi soal kabar tersebut. Tapi gosip yang beredar kali ini sebenarnya cukup masuk akal, dan kalaupun YouTube benar-benar melakukannya maka ‘sah-sah saja.’

Baca Juga:  Rumor: YouTube Siap Hadirkan Layanan Langganan Streaming Akhir Tahun Ini

Dengan membuat resolusi 4K berbayar, kemungkinan itu adalah cara YouTube buat meningkatkan jumlah pelanggan YouTube Premium-nya. Tapi mungkin yang menjadi sasaran kali ini adalah penikmat YouTube dari TV atau perangkat layar besar lainnya.

Nah menurutmu gimana soal kabar ini? Kamu setuju nggak kalau nonton video 4K di YouTube wajib bayar? Kalau saya sih sebenarnya oke-oke saja. Karena saya terbiasa nonton YouTube dari smartphone, jadi resolusi 1440p atau 1080p sudah cukup buat saya.