Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

View: Aplikasi Behance Windows Phone

Anom Penulis

Kalau dulu saya pernah membahas aplikasi Behance Windows Phone yang namanya Be, sekarang saya mau membahas aplikasi lain yang namanya View. Aplikasi Behance Windows Phone ini tidak kalah keren dibanding pendahulunya.

Membahas aplikasi Behance selalu membutuhkan energi yang sedikit lebih banyak. Bukan apa-apa, fiturnya memang cukup banyak. Dari melihat proyek populer, pekerja kreatif, proyek yang sedang berjalan, portfolio, sampai komentar, dll.

Aplikasi Be (yang sudah tidak beta lagi), sudah cukup bagus dan unik. Tapi View berhasil menjadi pesaing yang sebanding. Seperti Be, View juga menampilkan hampir semua fitur Behance. Bonusnya, tampilan UI yang cakep.

Kalau mau diperhatikan, ada 3 tampilan khas utama dari View. Untuk pivot di halaman depan, saat melihat proyek tertentu, dan melihat profil pekerja kreatif. Masing-masing memiliki tampilan yang disesuaikan dengan kontennya.

Yang juga penting, perilaku aplikasinya sesuai dengan panduan Windows Phone. Jadi kita tetap merasa familiar saat membuka berbagai halaman aplikasi ini. Begitupun beberapa elemen layout-nya. Perhatikan judul kategori dan subyek berbagai halaman yang konsisten.

Semua informasi, baik gambar maupun tulisan, disajikan dengan baik. Dari jumlah view, jumlah like, jumlah komentar, tags, sampai detil lainnya. Prestasi yang layak dipuji mengingat konten yang begitu banyak bisa disampaikan dengan baik.

Bicara soal fitur, ada beberapa hal yang layak diperhatikan. Yang pertama (dan menjadi pangkalnya), kita belum bisa login dengan akun Behance kita. Ini bukan kesalahan si pembuat aplikasi. Ada notifikasi di aplikasi yang menyebutkan kalau hal tersebut belum dimungkinkan, karena sedang ada perpindahan sistem akun Adobe ID.

Hal ini berbuntut pada hal lain. Kita tidak bisa memberi komentar, atau apreciate (like ala Behance). Ini menyebabkan sisi sosial aplikasi ini jadi mati suri. Tapi kemungkinan besar, ini hanya sementara waktu. Kalau Adobe sudah selesai melakukan integrasinya, hal itu bisa kita lakukan lagi. Sementara ini, kita harus cukup puas duduk di pinggir dan menonton.

Dengan konten yang begitu banyak, kita diberi fitur pengaturan untuk melihat art work yang ada. Ada kategori pilihan berdasar waktu, bidang kerja kreatif, atau negara asal. Berguna kalau kita mau mencari referensi atau malah mau mencari pekerja kreatif yang ada di negara kita.

Kita juga diberi fasilitas untuk berbagi dengan berbagai sarana. Tidak hanya satu tampilan saja, View memberikan kita 2 tampilan share! Hehehe, dari segi tampilan sih memang keren. Tapi kok kayaknya kurang konsisten ya. Ahem, menurut saya sih.

Bagaimana pun, saya tetap memuji aplikasi ini. View bisa menjadi salah satu aplikasi berkualitas khas Windows Phone, seperti Poki, MyTube, Fhotoroom, dll. Sayangnya aplikasi ini baru tersedia di region Amerika Serikat. Aplikasi ini tersedia gratis, tapi kita bisa upgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan beberapa fitur tambahan, seperti theme. Aplikasi View bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1, juga mendukung RAM 512.