Cara Pakai Virtual Background di Zoom Android & iOS

Bingung pakai Virtual Background di aplikasi Zoom Android & iOS? Begini cara pakai Virtual Background di Zoom Android & iOS berikut ini.

Rapat online via aplikasi Zoom saat ini memang sudah lumrah. Tidak melulu di kantor, rapat online pakai Zoom via ponsel Android dan iOS di rumah juga oke.

Tapi kadang, sebagian orang ada yang merasa malu dengan kondisi rumahnya. Mungkin background yang mereka pakai saat rapat online terlihat berantakan dan lainnya.

Untungnya, Zoom Android dan iOS telah menyediakan Virtual Background. Jadi pengguna bisa memakai background tersebut untuk menutupi ruangan yang ada di belakangnya. Tapi bagaimana cara pakai Virtual Background di Zoom Android?

Cara Pakai Virtual Background di Zoom Android & iOS

Syarat Memakai Virtual Background

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kalian perlu memenuhi syarat pakai Virtual Background dari Zoom. Contoh jika ingin dapat efek background virtual terbaik, disarankan untuk memilih background warna solid (khususnya hijau).

Selain itu, pemakaian kamera perekam berkualitas tinggi juga mendukung Virtual Background yang bagus. Jangan lupa, pastikan pencahayaan di ruangan kalian bagus.

Terakhir, usahakan jangan gunakan pakaian berwarna sama dengan Virtual Background. Misal background berwarna hijau, dan pakaian yang kalian pakai juga berwarna hijau.

Mengaktifkan Virtual Background

Sebelum mengaktifkan fitur ini, kalian perlu keluar dari Zoom Desktop Client lebih dulu. Setelah itu, kalian bisa masuk kembali ke Zoom supaya Virtual Background bisa diterapkan.

  • Masuklah ke portal web Zoom sebagai administrator, dengan izin untuk mengedit pengaturan akun.
  • Di menu navigasi, klik β€˜Account Management > Account Settings.’
  • Lalu di tab β€˜Meeting,’ pilih opsi β€˜Virtual Background.’
  • Selanjutnya, verifikasi jika pengaturan telah diaktifkan.

Catatan: Kalau pengaturan dinonaktifkan, klik toogle untuk mengaktifkannya. Jika muncul dialog verifikasi, pilih opsi β€˜Turn On’ untuk memferivikasi perubahan.

Jika kalian ingin pengaturan ini berlaku ke semua akun (baik di Windows, MacOS, Android, iOS, dll), klik ikon gembok. Setelah itu, klik β€˜Lock’ untuk mengkonfirmasi pengaturan.

Memakai Virtual Background di Android & iOS

Setelah mengaktifkan Virtual Background di Zoom web, sekarang kalian tinggal memakainya selama rapat di ponsel Android dan iOS. Bagini cara pakainya:

  • Dalam rapat Zoom, klik panah atas di samping menu β€˜Start Video.’
  • Klik menu β€˜Choose Virtual Background…’
  • Jika diminta, klik β€˜Download’ untuk mengunduh paket background virtual tanpa layar hijau.

Itu tadi cara menggunakan Virtual Background di Zoom Android dan iOS. Jika kalian ingin mengganti background di perangkat lain (PC), kalian bisa baca cara ganti latar belakang aplikasi Zoom saat rapat online.

%d blogger menyukai ini: