Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengganti Background Zoom di HP dan Laptop Tanpa Green Screen Terbaru

Rapat Online Sekarang Bisa di Mana Saja Tanpa Perlu Malu dan Khawatir dengan Kondisi Sekitar

Febri Penulis

Saat ini rapat secara online atau daring sering kali menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebagai aplikasi pilihan populer untuk video communications. Tidak jarang sebagian dari kita mencari panduan cara mengganti background Zoom Meeting di HP/Laptop.

Karena sering kali ketika kita ingin melakukan Zoom Meeting atau zooming gitu tetapi belum siap dan keadaan rumah atau ruangan kita berada saat itu masih terlihat berantakan. Makanya kebanyakan dari kita mengambil jalan pintas untuk mengganti background video.

Nah, di aplikasi seperti Zoom Meeting itu ada fitur yang memungkinkan kita untuk mengganti tampilan dari background video kita menjadi gambar yang diinginkan tanpa perlu green screen ataupun background berwarna hijau.

  • Solusi Cepat
    Bagaimana cara mengganti background Zoom? Kamu bisa buka aplikasi Zoom > Klik ikon gear atau pengaturan di pojok kanan atas > Klik menu Background & Effects > Pilih gambar yang ingin dijadikan Background > Selesai.

Kenapa Orang Sering Menggunakan Zoom Meeting dan Ingin Mengganti Background Video?

Apalagi kalau bukan karena wabah virus COVID-19 alias coronavirus. Tetapi, mungkin kamu malu dengan kondisi rumah atau kamar yang kurang layak dilihat umum. Jangan kuatir. Kamu bisa mengganti gambar latar belakang di aplikasi Zoom saat rapat online.

Yah, tidak heran kalau Zoom menjadi pilihan banyak orang. Karena bisa menampung banyak pengguna di versi gratis (sampai 100 orang), Zoom juga menyediakan fitur canggih yang menarik. Salah satunya ya mengganti gambar latar belakang ini, yang disebut virtual background.

Apa itu Virtual Background di Zoom?

Virtual background adalah fitur yang membuatmu bisa mengganti background zoom di HP ataupun laptop atau bisa kamu sebut sebagai gambar latar belakang di aplikasi Zoom saat rapat.

Zoom merekomendasikan pemakaian latar fisik berwarna hijau, karena hasil terbaik berasal dari teknik green screen. Kalau kamu tidak memakai green screen, kamu akan membutuhkan spesifikasi perangkat yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Zoom Menghadirkan Avatar dan Ini Cara Pakai Fitur Tersebut

Apa yang Dibutuhkan untuk Virtual Background?

Zoom menyebutkan spesifikasi teknis yang cukup detil untuk fitur ini. Namun, pada umumnya bisa dirangkum seperti di bawah ini.

  • Aplikasi Zoom terbaru
  • Sistem operasi: Windows 64-bit (minimal Windows 7 tapi dianjurkan Windows 10) atau macOS (minimal 10.9).
  • Prosesor: Minimal Gen. 6 Intel Core i5 Dual-core (atau AMD yang setara).
  • Untuk iOS: Minimal iPhone 8, iPad gen 5, atau iPad Pro.
  • Dianjurkan memakai latar belakang warna hijau (bisa pakai kain).
  • Bisa memakai gambar latar belakang unggahan sendiri, dengan aspect ratio 16:9 dan ukuran pixel minimal 1280×720.
  • Bisa memakai video unggahan sendiri (tapi membutuhkan spesifikasi lebih tinggi) dengan resolusi minimum 480×360 (360p) dan resolusi maksimum 1920×1080 (1080p).

Cara Mengganti Background Zoom di HP dan Laptop

Kamu bisa mempersiapkan gambar latar (background) sebelum melakukan konferensi atau rapat online, bisa juga mengganti ketika rapat sedang berlangsung.

1. Mengganti background Zoom di laptop sebelum mulai meeting

  1. Buka aplikasi Zoom.
  2. Klik ikon Setting (gear) di pojok kanan atas.
  3. Klik menu ‘Background & Effects‘ di menu samping (sidebar).
  4. Kamu bisa memilih gambar latar belakang yang disediakan oleh Zoom atau gambar yang sudah kamu siapkan sendiri.
  5. Kalau mau memakai gambar sendiri:
    • Klik ‘+ Add Image
    • Pilih dan unggah gambar dari komputer milik kamu.
  6. Kalau kamu memakai green screen, cek pilihan ‘I have a green screen‘.
  7. Setelah selesai memilih, maka background atau latar belakang video kamu sudah berganti.
cara mengganti background zoom - Part 1

2. Mengganti latar belakang video ketika rapat online berlangsung

  1. Lihat bilah navigasi di bagian bawah pada menu video.
  2. Klik tanda panah atas ^ di sebelah tombol Start/Stop Video.
  3. Klik ‘Video Setting‘.
  4. Lalu klik menu ‘Background & Effects‘.
  5. Pilih Background yang kamu ingin gunakan.
  6. Selesai.
cara mengganti background zoom - Part 2

3. Mengganti background video Zoom Meeting di HP Android

  1. Buka aplikasi Zoom di smartphone.
  2. Pada saat kamu berada di meeting room > Swipe menu ke kanan sampai melihat ada piliha menu More > Klik saja ikon titik tiga tersebut.
  3. Pilih menu Background & Effects.
  4. Pilih Background yang kamu inginkan.
  5. Selesai.
  • Tips
    Pastikan saat kamu ingin mengganti latar belakang video, pencahayaan ruangan atau sekitar kamu baik. Minimal kontras cahaya antara kamu dan latar belakang cukup tinggi supaya nanti saat menggunakan background yang berbeda, tampilan wajah kamu tetap jelas dan bagus.

Apakah Bisa Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen?

Jawabannya bisa, karena untuk saat ini tanpa perlu menggunakan latar belakang berwarna hijau ataupun green screen, kamu sudah bisa mengganti background Zoom Meeting dengan gambar pilihan kamu.

Baca Juga:  8 Aplikasi Video Call Populer untuk PC dan Smartphone

Dengan catatan kalau kondisi cahaya di lokasi atau tempat kamu melakukan Zoom Meeting cukup memadai dan terlihat jelas.

Tips yang Harus Dilakukan Saat Zoom Meeting

  • Pastikan memiliki koneksi yang stabil dan pastinya ada kuota internet.
  • Kondisi ruangan cukup cahaya.
  • Meeting di ruangan atau di tempat yang tidak berisik.
  • Meeting online di tempat yang rapi dan nyaman, jika kondisi lingkungan berantakan bisa ganti latar belakang dengan gambar.
  • Pastikan kamu sudah dandan atau minimal merapikan diri sebelum meeting dimulai, jika kamu malas merapikan diri, kamu bisa gunakan fitur avatar di Zoom Meeting.
  • Jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu aktivitas meeting kamu. Seperti hewan peliharaan atau anak-anak.
  • Pastikan kamu menggunakan device atau perangkat untuk melakukan Zoom Meeting yang memadai, mulai dari spesifikasi, kamera, dan juga microphone nya. Supaya gambar dan suara yang dihasilkan nantinya cukup jelas diterima lawan bicara atau rekan meeting kita.

What’s Next: Zoom Meeting Tanpa Perlu Malu Lagi

Kurang lebih seperti itu lah panduan lengkap cara mengganti background Zoom Meeting, kamu tidak perlu khawatir ataupun malu lagi jika lingkungan atau kondisi kamar kamu sedang tidak baik-baik saja tapi kamu harus melakukan meeting sesegera mungkin di Zoom.

Atau kamu sedang berada di luar ruangan trus ada jadwal meeting dadakan, supaya kamu terlihat nyaman dan tidak ingin diketahui keberadaannya sedang di luar atau tidak ingin memperlihatkan latar belakang kamu.

Kamu pun bisa mengganti background nya dengan gambar yang kamu inginkan. Jika dari panduan di atas dirasa masih ada yang belum jelas. Kamu bisa sampaikan di kolom komentar di bawah ya, nanti kita diskusi kan bersama dan cari jawabannya.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.