Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Kenalan Sama Virtual Human Krafton “ANA” yang Cakep Yuk!

Indri Penulis

Krafton pamerkan virtual human bernama “ANA.” Daripada penasaran, yuk kita kenalan sama si cantik ANA. Kira-kira bisa ngapain aja sih dia?

Saat mendengar nama Krafton, saya yakin hal yang langsung muncul dalam pikiranmu adalah game PUBG. Ya nggak heran sih, pasalnya PUBG adalah ‘game raksasa’ besutan Krafton.

Tapi ada yang unik nih. Baru-baru ini, Krafton memamerkan sesuatu yang sangat berbeda. Krafton menggoda penggemarnya dengan sosok ‘manusia virtual’ bernama ANA, yang nanti bakal ‘membantu membangun’ ekosistem Web3-nya.

Dalam pembuatannya, ANA dibuat menggunakan Unreal Engine (yang punya tools khusus buat bikin karakter digital) yang dipadukan dengan ‘hiperrealisme, rigging dan deep learning.’

virtual human krafton ana

Dengan perpaduan di atas, ANA bisa mengekspresikan gerakan pupil, otot wajah halus dan kerutan, serta membuat gerakan sendi alami di seluruh tubuhnya. Selain itu ANA juga bisa berakting dan bernyanyi seperti manusia sungguhan lho.

Sampai sekarang belum jelas bagaimANA ANA bakal cocok dengan visi metaverse atau Web3 yang dimaksud oleh Krafton. Tapi dilansir kalau dilihat dari penjelasan Krafton di pengumumannya, kelihatannya ANA bakal diproyeksikan untuk menjadi seorang selebriti virtual.

Kami berharap dia menarik minat dan popularitas Gen Z di seluruh dunia,” kata Josh Seokjin Shin, Kepala Pusat Kreatif Krafton.

ANA akan merilis trek musik orisinal dan memperluas jangkauan aktivitasnya sebagai influencer ke berbagai bidang hiburan dan esports,” lanjutnya.

Nah gimANA menurutmu setelah membaca pernyataan Josh Seokjin Shin di atas? Kelihatannya memang benar kalau ANA dirancang untuk menjadi seorang artis virtual.

Ya kalaupun ANA memang dirancang untuk jadi seorang artis virtual, itu nggak masalah. Mengingat selama ini influencer virtual sudah bukan konsep baru. Contoh paling gampang bisa kamu lihat di selebgram Lil Miquela. Dia adalah karakter virtual yang menjelma menjadi selebgram, model, dan bahkan sudah merilis MV-nya sendiri.

Sementara ini, baru itu saja informasi soal ANA yang dibagikan oleh Krafton. Dalam pengumumannya, Krafton bakal merilis lebih banyak detil soal virtual human ANA akhir tahun ini, termasuk hadirnya ‘arc cerita yang unik.’

GimANA menurutmu soal ANA? Kalau menurut saya, ANA ini imut juga ya. Hahaha.

    %d blogger menyukai ini: