Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Wanita yang ‘Terasingkan’ dari Dunia Teknologi

Indri Penulis

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa wanita pelopor di dunia teknologi yang mungkin belum pernah kalian ketahui.

Semenjak awal abad ke-19 sampai saat ini, wanita memang telah memainkan peran penting dalam perkembangan teknologi. Tidak sedikit pelopor wanita dalam bidang pemrograman, matematika, komputasi, hingga sains yang berhasil masuk dalam sejarah.

Walaupun dulu jasa wanita-wanita tersebut sangat besar, namun tidak jarang kisah mereka justru terlupakan saat ini. Yang paling buruk adalah, sejarah mereka sengaja dihapus dari dunia.

Berikut beberapa wanita yang terasingkan dari dunia teknologi:

Grace Hopper

Sumber Gambar : Vassar Stories

Grace merupakan seorang ilmuwan komputer serta laksamana di Angkatan Laut AS. Dia lahir pada tahun 1906 di New York.

Grace lulus dari Yale dengan gelar Sarjana, Magister serta PHD sebelum akhirnya menjadi profesor di Vassar College.

Selama masa awal Perang Dunia II, Hopper berusaha mendaftar Angkatan Laut namun tidak berhasil. Hal tersebut dikarenakan pada waktu mendaftar, dia berusia 34 tahun dan itu dianggap sudah tua.

Sebagai gantinya, dia ditugaskan ke Biro Proyek Perhitungan Kapal di Universitas Harvard sebagai Letnan. Disana Grace bekerja di komputer elektromekanis Mark I.

Selama disana, Grace mempopulerkan ide bahasa pemrograman mesin-independen. Selain itu dia juga berhasil menciptakan kompiler, sebuah kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman satu, ke bahasa pemrograman lain.

Grace jugalah yang menemukan COBOL. Sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang digunakan sampai sekarang untuk Windows, Linux dan OpenVMS.

Sheryl Sandberg

Sumber Gambar : News

Bagi banyak orang, Facebook selalu identik dengan Mark Zuckerberg. Namun banyak orang yang tidak tahu mengenai Chief Operating Officel Sheryl Zandberg.

Perempuan ini pernah bergabung dengan startup Google sebagai manajer umum. Sheryl adalah salah satu kunci sukses Google.

Lalu pada tahun 2008, Sheryl bergabung dengan Facebook sebagai Chief Operating Officer. Dia juga menjadi wanita pertama dalam perusahaan teknologi media sosial.

Sheryl bekerja dengan mengawasi semua bisnis Facebook, seperti penjualan, pemasaran, sumber daya manusia, pengembangan bisnis, kebijakan publik, sampai komunikasi.

Tidak hanya itu, Sheryl juga merupakan pendiri LeanIn.Org. Yang merupakan sebuah organisasi nirlaba, dengan tujuan memberdayakan perempuan untuk mencapai ambisi mereka

Kim Swift

Sumber Gambar : YouTube

Kim Swift merupakan seorang perancang game terkenal di distributor Valve. Kim Swift adalah desainer Portal, game teka-teki pertama yang paling populer.

Selain itu game Portal juga telah memenangkan banyak penghargaan, hal ini dikarenakan desain serta gameplay yang sangat inovatif. Tidak hanya itu, Swift juga mendesain Left 4 Dead, game populer lainnya dari Valve.

Sebenarnya perancang wanita selalu mengalami masa sulit dalam industri game. Terutama dengan adanya kontroversi Gamergate.

Dalam kontroversi tersebut, beberapa tokoh terkenal seperti Brianna Wu dan Zoe Quinn menjadi sasaran penganiayaan seksis di internet.

Setelah kejadian tersebut, industri game dan teknologi sepakat untuk membuat langkah, agar bisa menciptakan lingkungan aman bagi profesional wanita.

Ada Lovelace

Sumber Gambar : Mental Floss

Dia dikenal sebagai seorang programmer pertama di dunia. Augusta Ada King Noel, Countess of Lovelace, awalnya menjadi matematikawan dan penulis abad ke-19.

Wanita kelahiran tahun 1815 ini, pernah berteman dengan Charles Babbage (penemu komputer) waktu remaja. Kemudian dia mulai bekerja dengan komputer.

Lovelace bekerja dengan menghipotesiskan aplikasi ke komputer diluar bilangan deret murni. Selain itu dia juga menerbitkan contoh pertama dari suatu algoritma yang akan digunakan mesin.

Karya Lovelace inilah yang kemudian membuka jalan bagi Alan Turing, untuk bekerja bisa menggunakan komputer modern selama Perang Dunia II. Sayangnya, Lovelace harus meregang nyawa diusia 36 tahun karena kanker rahim.