5 Rekomendasi Website Belajar Terbaik & Gratis Buat Anak IT

Indri Penulis

Kamu anak IT dan sedang bingung mencari situs belajar yang cocok untukmu? Kunjungi website belajar terbaik buat anak IT berikut ini deh.

Bagi anak SMK atau mahasiswa IT, belajar soal dunia IT seolah nggak bakal ada habisnya. Misalnya hari ini kamu belajar soal teknik jaringan, nanti di tengah jalan, kamu mungkin bakal tertarik untuk mempelajari teknik pemrograman. Lalu besoknya lagi, kamu mungkin bakal ingin belajar bikin website atau aplikasi.

Ya, itu semua memang maklum buat mayoritas anak IT (apalagi yang benar-benar ‘menggilai’ dunia IT). Untungnya sekarang internet sudah maju. Jadi kamu nggak bakal kesulitan mengakses informasi atau materi belajar IT.

Ditambah lagi kini sudah ada banyak website yang menyajikan informasi-informasi seputar dunia IT. Nggak sedikit pula forum diskusi khusus anak IT yang terbentuk saat ini. Semua itu bisa kamu manfaatkan untuk belajar seputar dunia IT.

Kebetulan kali ini saya telah merangkum beberapa website belajar yang bisa dimanfaatkan anak IT. Mungkin beberapa website ini dapat memuaskan rasa penasaranmu soal dunia IT.

GitHub

Sebenarnya GitHub adalah aplikasi berbasis website dengan version control system. Situs ini juga merupakan software open source yang menyediakan layanan penyimpanan repository (tempat menyimpan berbagai file seperti source code) secara gratis.

Menariknya lewat situs ini kamu juga bisa berkolaborasi dalam berbagai proyek pengembangan aplikasi lho. Bahkan situs ini juga kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sekelas Google, Facebook dan Twitter untuk mengembangkan layanan/fitur mereka.

W3schools

Situs yang pertama ini cocok banget buat siswa. Kenapa? Karena situs ini menyajikan tutorial untuk bahasa pemrograman yang bervariasi. Ada tutorial bahasa pemrograman yang paling sederhana, sampai yang paling rumit sekali pun.

Dan yang terpenting, penjelasan yang disajikan situs ini dibikin sesederhana mungkin. Biar siswa bisa memahami tutorial mereka dengan mudah.

Oya, W3schools juga menyediakan fasilitas pengujian lho. Fasilitas ini dapat digunakan untuk melihat apakah sebuah kode bisa dijalankan atau tidak.

Studytonight

Kalau website yang satu ini bakal mengajarkan berbagai mata pelajaran teknis tentang ilmu komputer. Nggak cuma itu, situs ini juga bakal membahas materi soal bahasa pemrograman.

Berbeda dengan tutorial online populer lainnya, situs Studytonight bakal menggali lebih dalam tentang ilmu komputer. Bahkan situs ini juga tak ragu menawarkan tutorial dalam bahasa sederhana sehingga mudah dipahami pembaca.

Satu lagi yang menarik dari situs ini. Studytonight juga menyediakan tes untuk mengukur sejauh mana pemahamanmu tentang materi yang mereka berikan lho.

Geeks for Geeks

Website yang satu ini cukup unik. Pasalnya dia lebih fokus menampilkan solusi seputar masalah ilmu komputer. Semua ilmu komputer mulai dari yang paling sederhana, sampai yang paling teknis ada di website ini.

Nggak hanya itu. Situs Geeks of Geeks juga bakal memberikan banyak ide kreatif untuk memodifikasi atau menguji kode lho. Jadi cocok banget buat yang sedang latihan coding.

StackOverflow

Buat yang baru dengar soal situs ini, jadi StackOverflow merupakan komunitas developer terbesar. Situs ini biasa dipakai jutaan programmer untuk berdikusi.

Orang-orang yang ada di situs ini tak ragu untuk berbagi masalah pemrograman mereka. Mereka juga akan membantu mencari pemecahan masalahnya.

Jadi kalau kamu kebetulan ada masalah tentang pemrograman, kamu bisa coba kunjungi situs ini. Siapa tahu kamu bisa menemukan jawaban dari masalahmu itu.

    %d blogger menyukai ini: