Membandingkan Bentuk dan Jenis Huruf di Tiff

membandingkan jenis huruf

Ada banyak sekali jenis font tersedia di internet. Tidak sedikit yang memiliki bentuk mirip. Untungnya ada website yang membantu kita membandingkan bentuk dan jenis huruf.

Sekedar untuk contoh, apa beda font Helvetica, Roboto, dan Arial? Helvetica sering dibandingkan dengan Arial. Tapi apakah kamu percaya kalau Roboto lebih mirip dengan Helvetica?

[agg-ad id=”43572″ align=”center”]

Mungkin kamu berpikir, ah cuma beti — beda tipis. Tapi ketika kamu memperhatikan detil (seperti saat cari font keren untuk logo) atau melihatnya dalam jumlah banyak (seperti dalam artikel), perbedaan tipis itu bisa terlihat.

Salah satu contoh kongkritnya adalah ketika saya menata tampilan UrbanDigital ini (iya, tampilannya baru ☺️). Saya membandingkan jenis huruf Roboto dan Lato. Akhirnya saya memutuskan memakai Lato karena bentuknya lebih sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Nah, website yang membantu saya membandingkan jenis huruf ini adalah Tiff.

tampilan tiff

Tampilan Tiff sungguh sederhana. Menggunakannya pun begitu.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan nama kedua nama font di kolom isian. Lalu website ini akan menampilkan bentuknya di empat kotak contoh huruf. Oya, klik ‘Hide’ dulu sebelum mengisi nama font.

Kamu bisa memilih contoh huruf untuk perbandingan. Misalnya kalau ingin melihat perbedaan huruf a kecil.

Secara bawaan, website ini akan menampilkan kedua font yang dibandingkan bertumpuk. Jadi kamu bisa melihat perbedaan desain bentuk huruf. Tapi kalau mau, kamu juga bisa membandingkan font berdampingan.

bandingkan jenis huruf berdampingan

Patut saya sebutkan — seperti juga disebutkan di situs Tiff — kalau website ini hanya mendukung Google Font dan font yang ada di sistem. Jadi tidak semua font bisa kamu bandingkan di sini. Misalnya, Tiff tidak bisa mengenali font Calibri atau Nexa.

Hm, Google Font sudah punya koleksi yang banyak. Jadi kalau kamu tidak mencari jenis huruf yang unik, kemungkinan besar kebutuhanmu sudah bisa terpenuhi.

Tiff memang bukan untuk semua orang (dan semua penggemar desain). Tapi kalau kamu suka tipografi seperti saya, website ini bisa membantu. Terutama untuk melihat perbedaan font yang punya bentuk sangat mirip.

Nah, selamat mencoba.

[junkie-button url=”https://tiff.herokuapp.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Kunjungi website [/junkie-button]


ARTIKEL TERKAIT