Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

9 Website untuk Mencari Kombinasi Warna Keren dan Bisa Jadi Inspirasi

Anom Penulis

Di internet ada banyak website untuk mencari kombinasi warna. Tapi apa saja yang enak dan mudah dipakai? Di sini, kami memberikan beberapa rekomendasi supaya kamu bisa menemukan yang cocok untuk kebutuhanmu.

Ya, karena siapapun pernah bingung mencari kombinasi warna yang bagus. Entah itu untuk kebutuhan spesifik seperti ilustrasi, desain grafis dan desain website, atau untuk yang sedikit lebih umum seperti warna cat rumah.

Jadi, website skema warna memang bisa membantu. Kamu bisa memilih nuansanya, menentukan warna yang ingin kamu pakai, dan menyusun skema berdasarkan hal itu.

Enaknya Pakai Website

Seperti sudah disebut di atas, sudah ada website yang bisa membantu kita mencari perpaduan warna dan menyusun skema warna (color scheme) keren. Eh, kenapa website? Kenapa bukan aplikasi?

Hm, memang ada aplikasi untuk tujuan itu. Namun menurut pertimbangan saya, melihat website di komputer lebih nyaman untuk membandingkan kombinasi warna.

Dengan browser, kamu bisa membuka beberapa tab untuk membandingkan hasil antar website. Artinya bisa mendapat referensi lebih banyak.


Baca juga: 6 Aplikasi Desain Grafis Online Terbaik dan Gratis


Berdasar pengalaman, tidak akan hanya satu dua palet warna saja yang akan kita bandingkan. Toh, sebenarnya yang ada di website ini juga bisa disebut aplikasi web. 🙂

Rekomendasi Website Untuk Mencari Kombinasi Warna

Nah, apa saja website yang bisa membantu kita menemukan kombinasi dan palet warna yang bagus? Ini dia rekomendasi saya.

1. COLORlovers

kombinasi warna di colorlovers

Website ini mungkin merupakan yang paling populer dalam urusan warna. Didukung komunitas yang aktif, COLORlovers memiliki berjuta kombinasi warna keren di dalamnya. Selain itu, COLORlovers juga menyediakan kombinasi warna dengan pola, bentuk, dll.

Dalam mencari perpaduan warna kita bisa melakukan eksplorasi baik berdasarkan beberapa tema, seperti fashion, web, cetak, atau lainnya. Kita juga bisa mencari palet warna dari foto dengan aplikasi web PHOTOCOPA dari COLORlovers.

Saat sudah menemukan palet warna yang kita sukai, kita bisa melihat masing-masing kode warna yang ada. Ini akan berguna kalau kamu menggunakan program pengolah gambar.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dalam bentuk gambar, baik untuk desktop, iphone, atau gambar dengan beberapa ukuran resolusi lain.

KUNJUNGI COLORlovers

2. Adobe Color CC

berbagai palet warna di adobe color cc

Adobe merupakan nama yang berada di garda terdepan dunia desain. Jadi tidak heran kalau Adobe menyediakan tool pencari warna. Sebelum menjadi Adobe Color CC, layanan ini dulu dikenal dengan nama Adobe Kuler.

Seperti juga COLORlovers, koleksi palet warna di Adobe Color CC sangat banyak. Kita bisa mencari atau menelusuri berbagai kombinasi warna berdasarkan beberapa kategori. Misalnya: kepopuleran, yang paling banyak digunakan, dll. Selain itu kita juga bisa mencari warna dari foto.

Baca Juga:  Cara Blokir Aplikasi Agar Tidak Terhubung ke Internet di Windows

Di Adobe Color CC, kita pun bisa melihat informasi warna dengan lebih detil. Bahkan kita bisa mengeditnya kalau ingin mencoba-coba variasi warna lain. Nah, dengan kemampuan edit ini, kita bisa membuat kombinasi warna sendiri.

Asiknya lagi, ada panduan teori warna — seperti warna analogus, monokromatik, komplementer, dll — yang akan memudahkan proses pembuatan palet warna.

KUNJUNGI ADOBE COLOR CC

3. Coolors

perpaduan warna keren di coolors

Seperti yang lain, Coolors juga punya koleksi perpaduan warna yang banyak. Selain bisa mencari dari berbagai koleksi, kita bisa mengembangkan kombinasi warna sendiri dan mencari warna dari gambar atau foto.

Sebagai nilai tambah, Coolors memiliki alat bantu untuk melihat bagaimana kombinasi warna yang kita pilih kalau dilihat oleh mereka yang buta warna. Alat pencari warna ini pun tersedia sebagai aplikasi iOS dan ekstensi Chrome. Jadi ya memang cool.

KUNJUNGI COOLORS


Baca juga: 5 Website untuk Edit Foto Online Gratis


4. Color Hunt

kombinasi warna keren di color hunt

Color Hunt mungkin merupakan yang paling sederhana kalau dibanding tiga website di atas. Website ini memang menyajikan koleksi kombinasi warna yang beragam, dan bisa membuat palet warna sendiri.

Sayangnya, fitur untuk membuat kombinasi warnanya tidak selengkap yang lain. Di samping itu, juga tidak ada fitur mencari paduan warna dari foto atau gambar. Tapi kalau kamu cuma sekedar ingin mencari kombinasi warna keren, Color Hunt sudah mencukupi.

KUNJUNGI COLOR HUNT

5. Colormind

mencari kombinasi warna keren dengan AI

Yang menarik dari website satu ini adalah Colormind menyebut bahwa pencarian warna dilakukan dengan bantuan artificial intelligence. Entah benar atau tidak. Karena saat ini, kelihatannya semua berusaha tampil dengan AI.

Di sini, kita bisa memilih kombinasi warna secara acak, mengunci salah satu warna sebagai patokan dan mencari kombinasinya, atau mencari warna dari foto. Paduan warnanya akan dilakukan oleh Colormind. Kita tinggal menikmati hasilnya.

Untuk soal mencari warna dari foto, Colormind menyebut bahwa pencarian dilakukan berdasar kecocokan kombinasi warna, bukan berdasar warna yang dominan di foto. Hm, menarik juga.

Walau cukup sederhana, Colormind cukup memberi ruang untuk bereksperimen membuat perpaduan warna. Sayangnya keterangan warna yang ada hanya berupa kode heksadesimal saja.

KUNJUNGI COLORMIND

6. Colllor

palet gradasi warna di colllor

Website yang satu ini sedikit berbeda dengan yang lain. Colllor kelihatannya lebih fokus pada gradasi warna. Di sini, kita memilih satu warna dasar, dan akan mendapat beberapa variasi gradasi dari warna tersebut. Yang menarik, Colllor memetakan tiap warna dalam gradasi tersebut.

KUNJUNGI COLLLOR


Baca juga: 4 Aplikasi Prototype Gratis Terbaik Untuk Proses Desain Lebih Mudah

Baca Juga:  Browser Brave dan DuckDuck Go Tolak Google AMP

7. coolhue

paduan warna gradasi coolhue

Coolhue merupakan website yang berisi paduan warna gradasi, mirip seperti Colllor. Namun dari penggunaannya coolhue lebih praktis dan sederhana. Coolhue menampilkan pilihan warna gradasi saja.

Di sini nampak kartu paduan warna gradasi berjejer. Kamu bisa melihat kode heksadesimal dari gradasi tersebut, menyalin kode CSS-nya, atau mengunduh berkasnya. Karena coolhue merupakan website kuratorial warna, kamu tidak bisa membuat paduan warna gradasi sendiri.

KUNJUNGI coolhue

8. Pigment

website color picker pigment

Pigment merupakan website untuk mencari perpaduan warna yang cukup unik. Di website ini bisa kamu temukan berbagai paduan dari dua warna berbeda.

Yang membedakan website ini dengan yang lain adalah kamu bisa mengatur kondisi semua warna sekaligus. Yaitu dengan tingkat saturasi (pigment) dan kecerahan (lighting).

Kalau kamu lihat detil salah satu perpaduan warna, kamu akan melihat dua variasi dari dua warna tersebut. Masing-masing dengan satu warna di tengah dan yang lain di latar belakang (bertukar tempat). Kamu juga bisa melihat informasi warna, baik heksadesimal, RGB, maupun Pantone.

KUNJUNGI Pigment

9. Color Lisa

perpaduan warna di color lisa

Color Lisa adalah sebuah website untuk mencari perpaduan warna yang unik. Di sini kamu bisa menemukan kombinasi warna yang digunakan oleh seniman ternama. Misalnya: Leonardo Da Vinci, Salvador Dali, Jean-Michel Basquiat, Andy Warhol, dll.

Klik salah satu nama seniman dan kamu akan melihat warna-warna dari karya seni mereka. Informasi warna yang ada di Color Lisa berupa heksadesimal. Kalau menemukan yang kamu suka, tinggal copy paste saja.

Oya, kalau kamu klik ikon mata di judul karya seni, kamu akan di bawa ke (website) museum tempat karya itu berada.

KUNJUNGI Color Lisa

Pilih Sesuai Fitur dan Kebutuhan

Yah, itulah beberapa website yang memberi alat untuk memiliih kombinasi warna. Ada yang memiliki fitur mirip ada yang sedikit berbeda.

Nah, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya kalau kamu mencari warna cat rumah, mungkin kode heksadesimal kurang bisa membantu.

Kalau ada salah satu website di atas yang memiliki fitur download warna sebagai gambar, ya gunakan saja. Bagaimana pun, sebuah alat dibuat untuk mempermudah hidup. Bukankah begitu?

Pertanyaan yang Sering Muncul

Apa itu Palet Warna?

Palet warna, atau skema warna, adalah kumpulan beberapa warna yang bisa menimbulkan kesan artistik tertentu. Biasanya dipakai sebagai panduan dalam desain agar semua rancangan konsisten dan punya identitas.

Warna Apa Saja Yang Netral?

Warna netral adalah warna yang tidak mencolok sehingga mudah dipadukan dengan warna lain. Beberapa contohnya adalah hitam, putih, abu-abu, khaki, atau biru dongker.

Warna Pastel itu Apa Saja?

Warna pastel merupakan warna-warna muda (terang) dan tidak mencolok (punya saturasi rendah), sehingga berkesan lembut dilihat.