Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatsApp Beta Android Bisa Blokir Screenshot Fitur View Once

Indri Penulis

WhatsApp beta Android luncurkan pembaruan yang bisa blokir screenshot di fitur View Once. Kemampuan ini hadir di update beta v2.22.22.3.

Fitur View Once atau Lihat Sekali sudah debut di WhatsApp lebih dari setahun yang lalu. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mengirim gambar yang hanya bisa dilihat sekali oleh si penerima. Setelah si penerima membuka gambar tersebut, setelah itu gambar tersebut akan hilang dan tidak bisa dilihat kembali.

Tujuan dibuatnya fitur View Once sebenarnya untuk melindungi privasi pengguna. Fitur ini cocok untuk pengguna yang ingin mengirim ‘gambar rahasia,’ di mana orang lain selain si penerima tidak boleh melihatnya.

Sayangnya fitur View Once selama ini masih sering kebobolan. Pengguna WhatsApp tentu nggak kehilangan akal. Selama ini nggak sedikit pengguna WhatsApp yang sering bikin screenshot gambar View Once.

Aktivitas di atas jelas menyalahi privasi dan tujuan sebenarnya dibuatnya View Once. Oleh karena itu pada bulan Agustus lalu, Mark Zuckerberg mengumumkan kalau WhatsApp bakal segera punya kemampuan untuk blokir screenshot gambar di fitur View Once.

Awal Oktober ini, akhirnya WhatsApp beta Android resmi menghadirkan kemampuan tersebut lewat pembaruan versi 2.22.22.3. Dilansir dari WABetaInfo, saat ini fitur tersebut tersedia untuk beberapa penguji beta.

Menariknya, kemampuan ini ternyata nggak cuma bisa dipakai buat blokir screenshot gambar lho. Kemampuan ini ternyata juga bisa digunakan untuk memblokir rekaman layar video View Once.

Baca Juga:  Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp Pribadi dan Grup Jadi Lebih Baru

Untuk cara kerjanya sendiri, bisa kamu lihat dalam gambar yang ada di postingan Twitter WABetaInfo di atas. Jadi saat penerima coba mengambil tangkapan layar dari media View Once, WhatsApp akan langsung menampilkan peringatan yang isinya, “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena kebijakan keamanan.”

WABetaInfo menambahkan, walaupun ada pengguna yang berhasil mengambil tangkapan layar atau rekaman layar pada View Once, semua tetap percuma. Karena gambar yang dihasilkan dari aktivitas tersebut akan terlihat hitam.

Sampai sekarang belum diketahui dengan jelas, kapan kemampuan tersebut akan diluncurkan secara resmi ke pengguna aplikasi WhatsApp. Jadi kita tunggu saja update terbaru dari WhatsApp.

Di sisi lain, apakah dengan adanya kemampuan baru ini, View Once benar-benar sudah aman 100%? Nyatanya belum tentu. Soalnya kemampuan tersebut hanya memblokir pengambilan tangkapan layar secara internal. Selain itu tidak ada fitur yang bisa mencegah penerima mengambil screenshot gambar / video menggunakan perangkat sekunder (smartphone lain). Gimana, masuk akal nggak?