Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Personal & Grup WhatsApp Down Total Hari Ini, Tak Bisa Kirim Pesan Hingga Banjir Keluhan Pengguna!

wa error
Indri Penulis

WhatsApp down hari ini! Hal ini dikeluhkan banyak pengguna WhatsApp. Pasalnya pengguna tidak bisa kirim chat personal ataupun grup.

Semua orang sudah tahu, kalau WhatsApp adalah aplikasi chat online terpopuler di dunia. Dengan miliaran pengguna di dunia, tidak heran kalau zaman sekarang ‘apa-apa via WhatsApp.’

Bagaimana tidak, mau chat personal via WhatsApp. Ingin berinteraksi di grup juga via WhatsAPp. Bahkan mau pesan barang secara online juga banyak dilakukan via WhatsApp.

Yah dengan fungsi sebanyak itu, tidak heran kalau WhatsApp masuk dalam jajaran aplikasi terpenting di dunia. Jadi kalau WhatsApp sampai error sebentar saja, hal tersebut bahkan bisa berimbas pada sektor bisnis.

Nah itu dia yang terjadi pada tanggal 25 Oktober 2022. Hari ini banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa aplikasi WhatsApp mereka down. Aplikasi tersebut error sejak tanggal 25 Oktober 2022 siang, dan bahkan sampai artikel ini saya tulis juga masih error.

WhatsApp Down Hari Ini, Duh Ada Apa Ya?

Menurut berbagai sumber, WhatsApp siang hari ini benar-benar tidak bisa dipakai untuk apapun. Pertama, WhatsApp tidak bisa dipakai untuk mengirim chat personal.

svg%3E

Banyak pengguna juga mengeluhkan WhatsApp yang tidak bisa dipakai untuk aktivitas grup. Pengguna sama sekali tidak bisa mengirim chat grup.

Kalau biasanya saat mengirim chat kita minimal melihat tanda centang satu, hari ini berbeda. Pengguna WhatsApp akan melihat tanda pending, meskipun memiliki kualitas internet kencang.

whatsapp down hari ini

Saya sendiri awalnya cuma mengira masalah tersebut cuma berkaitan dengan aktivitas chat. Tapi setelah saya iseng mengunggah foto ke Story, ternyata WhatsApp Story juga error.

Ketika saya cek, status WhatsApp Story terus ‘mengirim’ selama puluhan menit. Padahal koneksi internet saya sedang kencang, dan biasanya nggak sampai 1 detik foto tersebut terkirim.

Baca Juga:  Fitur WhatsApp Yang Belum Ada Sampai Tahun 2022

Langsung Trending di Twitter Dong!

Imbas dari WhatsApp down, jagat maya pun langsung heboh. Nah yang paling heboh tentu saja di Twitter. Bahkan tagar seputar WhatsApp langsung trending di Twitter dengan total 550 ribu lebih cuitan (diprediksi bakal bertambah).

svg%3E

Nggak cuma itu, mayoritas netizen juga menyampaikan keluhan mereka soal WhatsApp yang down hari ini. Berikut ini ada beberapa cuitan warga Twitter yang tengah mengutarakan ‘uneg-unegnya.’

https://twitter.com/wvinterb1/status/1584804978027220993?s=20&t=1EU17TiBMv_QQy6NHQ0DuQ

Walau kebanyakan netizen galau gara-gara WhatsApp down, tapi kita bisa temukan beberapa momen kocak juga lho. Contohnya beberapa netizen berikut ini.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam cuitan di bawah ini. Ada netizen yang bikin meme ‘Twitter lebih unggul karena nggak pernah down.’ Ada juga yang malah menyalahkan provider sebelum tahu kalau WhatsApp yang error.

svg%3E

Haha.. Lucu-lucu ya cuitan warganet. Usut punya usut, ternyata WhatsApp down hari ini tidak hanya terjadi di Indonesia lho.

Tapi sepertinya di seluruh dunia. Pasalnya saat saya mencari info dari situs luar negeri (seperti The Indian Express), ternyata di sana WhatsApp juga sedang error.

Selain itu, yang error hari ini sepertinya juga hanya aplikasi WhatsApp. Sebab beberapa waktu lalu teman saya, Mas Anom, sempat iseng-iseng mengirim DM di Instagram dan semua lancar-lancar saja. Nah lho..

Apa Penyebab WhatsApp Down Hari Ini?

Sampai artikel ini ditulis, belum ada konfirmasi apapun dari WhatsApp. Jadi belum bisa dipastikan apa penyebab WhatsApp down hari ini.

Baca Juga:  WhatsApp Kini Bisa Bikin Status Terakhir Dilihat Buat Kontak Tertentu

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya aplikasi WhatsApp down. Beberapa bulan yang lalu, kejadian serupa juga pernah terjadi.

Bahkan kejadian tersebut menimpa semua aplikasi besutan Meta. Jadi waktu itu aplikasi WhatsApp, Facebook dan juga Instagram sempat down sampai berjam-jam.

Imbas dari kejadian tersebut apa? Tentunya banyak bisnis yang mengandalkan Facebook, Instagram dan WhatsApp menjadi terganggu. Aktivitas jual beli dan promosi yang biasanya berjalan lancar, jadi tersendar hingga berjam-jam lamanya.

Yah, untuk kasus hari ini kita tunggu saja konfirmasi dari WhatsApp atau Meta. Semoga WhatsApp tidak down total lama-lama ya. Karena hal tersebut bisa mengganggu semua aktivitas yang dilakukan via chat WhatsApp.

Oya, buat kamu yang sedang bingung gara-gara WhatsApp down total hari ini, tenang. Untuk sementara waktu kamu bisa cobain beberapa aplikasi chat alternatif WhatsApp. Ya setidaknya sampai WhatsApp kembali normal lah.

Jika kamu ingin masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar WhatsApp lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar kabar terbaru, tutorial, fitur unik, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • WhatsApp Down Hari Ini, Duh Ada Apa Ya? – https://indianexpress.com/article/technology/social/whatsapp-outage-whatsapp-down-for-thousands-of-users-8228712/