Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatsApp Kembangkan Fitur Edit Pesan di Aplikasi Android

Indri Penulis

WhatsApp tengah melakukan pengembangan fitur edit pesan di aplikasi Android. Wew gimana tuh kira-kira cara kerjanya? Simak bareng-bareng lewat ulasan ini yuk!

Sebagai raksasa platform chat online, memang sudah sepantasnya kalau WhatsApp rajin mengembangkan fitur baru. Yah walaupun pada kenyataannya, perkembangan fitur-fitur yang ada di WhatsApp kalah jauh dengan pesaingnya seperti Telegram.

Telegram sebagai musuh bebuyutan WhatsApp ‘cukup terbilang rajin’ menghadirkan berbagai fitur baru dan inovatif. Sedangkan WhatsApp, dalam satu tahun saja, bisa dihitung berapa kali WhatsApp menghadirkan fitur baru ke platform-nya (karena terlalu jarang update-nya).

Mei 2022 ini, kinerja WhatsApp bisa dikatakan mulai terlihat. Dikutip dari situs WABetaInfo, WhatsApp baru-baru ini tengah fokus mengembangkan lebih banyak fitur perpesanan.

Setelah beberapa waktu lalu resmi meluncurkan fitur reaksi pesan, sekarang WhatsApp tengah mengembangkan fitur edit pesan. Ya, sesuai namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna WhatsApp mengedit pesan mereka. Konon, fitur ini akan hadir dalam pembaruan WhatsApp yang akan datang lho.

Menariknya, sebenarnya ini bukan pertama kalinya WhatsApp mengembangkan fitur edit lho. 5 tahun lalu, tepatnya di tahun 2017, WhatsApp sempat melakukan uji coba pada fitur edit lho. Sayangnya sejak saat itu, nggak ada kabar soal kejelasan fitur tersebut. Baru di tahun 2022 ini, WhatsApp sepertinya kembali serius ‘mengurus’ fitur edit-nya.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam tangkapan layar di bawah ini, WhatsApp tengah mengembangkan opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan teks. Jadi kalau misalnya terjadi kesalahan ketik pada teks yang sudah terlanjur kekirim, kita nanti bisa langsung mengeditnya deh.

whatsapp edit pesan android

Mungkin tidak akan ada riwayat edit untuk memeriksa versi sebelumnya dari pesan yang telah di-edit. Tapi karena fitur ini masih dalam tahap uji coba, ada kemungkinan WhatsApp akan melakukan finishing nantinya (entah berupa penambahan riwayat edit, fungsi atau yang lainnya).

Baca Juga:  Cara Mengganti Status WhatsApp, Dari Membuat Sampai Menghapus Sesuai Fitur Terbaru

Selain itu, belum diketahui apakah nanti akan ada durasi waktu pengeditan atau tidak (contoh pesan hanya bisa diedit 1 menit setelah terkirim). Tapi nanti kalau ada informasi lebih lanjut, kami akan meng-update informasi ini.

Oya satu lagi. Walaupun tangkapan layar di atas diambil dari aplikasi WhatsApp Android, tapi WhatsApp kabarnya juga tengah ‘mengupayakan’ fitur yang sama untuk aplikasi iOS dan Desktop. Sayang karena masih dalam tahap pengembangan, belum diketahui pasti kapan fitur tersebut akan masuk dalam tahap pengujian beta.