notifikasi whatsapp

WhatsApp Membatasi Jumlah Pesan Yang Diteruskan

WhatsApp membatasi jumlah pesan yang diteruskan (forwarded messages) untuk tiap orang. Tindakan ini bertujuan untuk melawan “rumor dan informasi yang tidak benar”.

Batasan Meneruskan Pesan

Reuter menyebutkan bahwa Victoria Grand, wakil presiden untuk kebijakan dan komunikasi di WhatsApp, mengumumkan hal tersebut di sebuah acara di Jakarta. WhatsApp akan membatasi sampai sebanyak lima pesan yang bisa diteruskan oleh tiap orang secara global.

Dulu, WhatsApp mengijinkan seseorang meneruskan pesan ke 256 percakapan personal atau grup. Namun pembatasan itu turun menjadi 20 kali pada bulan Juli 2018. Sementara itu uji coba pembatasan hanya 5 buah pesan dilakukan di India. Yang kemudian menjadi resmi tanggal 21 Januari 2019 secara global.

WhatsApp sebagai aplikasi pesan paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia memang menjadi sarana penyebaran berita paling ampuh. Bahkan mengalahkan media sosial publik seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Hal ini tentunya disebabkan karena WhatsApp banyak dipakai secara informal. Obrolan antar sahabat, antar anggota keluarga, grup reuni, dll. Obrolan semacam ini mencerminkan obrolan di warung kopi jaman dulu. Hangat, dekat, dan cepat.

gosip
Foto: Carl Nenzén Lovén | Flickr

Penyebaran Berita Terlalu Cepat

Menyenangkan. Namun punya sisi berbahaya. Tidak jarang orang merasa antusias dengan sebuah berita, dan meneruskannya ke orang lain atau ke grup. Tanpa melakukan cek kebenaran berita itu. Yang penting heboh dan memancing obrolan panas.

Efeknya pun seperti bola salju. Dari satu orang ke orang lain, dari satu grup ke grup lain. Dengan jumlah anggota di grup maksimal sebanyak 256 orang, sebuah pesan yang salah bisa tersebar ke 1300 orang sekaligus. Bahkan dengan pembatasan 5 kali pesan diteruskan. Bayangkan kalau tiap orang meneruskannya lima kali lagi di grup berbeda.

Idealnya, memang kontrol penyebaran pesan ini juga dilakukan oleh pengguna WhatsApp. Jangan sembarangan meneruskan pesan dan selalu cek kebenarannya. Toh saat ini era digital, melakukan pengecekan silang sangat mudah dilakukan. Apalagi kalau sumbernya mencurigakan.

Jadi bijaksanalah dalam membaca dan meneruskan berita. Karena walaupun WhatsApp membatasi jumlah pesan yang diteruskan, tingkat penyebarannya masih terlalu cepat.

More Stories
Cara Mudah Berpindah ke Windows Phone
%d blogger menyukai ini: