WhatsApp Tidak Akan Bisa Digunakan Untuk OS Tertentu

Dalam rentang waktu dua tahun kedepan khususnya 2020, semua aplikasi akan berkembang, mulai dari fitur, kelebihan, kecanggihan bahkan ponsel yang semakin hari semakin maju. Untuk itu WhatsApp sebagai salah satu layanan chat sosial yang digunakan masyarakat ikut memikirkan masa depan dan juga menimang perkembangan apa saja yang bisa dikembangkan dan direncanakan oleh WhatsApp.

Februari 2020 WhatsApp akan mengakhir kerjasamanya dengan sistem operasi Android 2.3.7 khususnya Android Gingerbread. Whatsapp ini tidak bisa digunakan 2 tahun lagi, dan WhatsApp sudah tidak menarik keputusan ini. Hal ini bisa menjadi informasi tersendiri untuk anda yang menggunakan ponsel tersebut untuk segera melakukan upgrade jenis ponsel sebelum 2020.

Keputusan WhatsApp ini sebenarnya dianggap wajar, mengingat Gingerbread merupakan produk lama dari sistem Android yang bahkan ponsel dengan fitur tinggi sudah tidak ada dan tidak menggunakan fitur ini. Jika dihitung Gingerbread sudah diproduksi sekitar 10 tahun yang lalu.

[irp posts=”52515″ name=”Sematkan Chat WhatsApp Agar Percakapan Tetap Terlihat”]

Fokus pada Beberapa Platform

Sumber gambar : droidlime.com

Menurut Daily Mirror aplikasi ini akan fokus pada platform iOS dan juga Android namun tidak semuanya. Alasan ini juga yang menjelaskan bahwa pengguna BlackBerry di awal tahun tidak bisa menggunakan WhatsApp kembali. Penjelasan ini mengharuskan para pengguna BlackBerry yang ingin menggunakan WhatsApp harus mengganti ponsel.

Selain itu WhatsApp juga tidak bisa digunakan oleh kalian yang menggunakan ponsel yang masih bersistem Microsoft khususnya Windows 8. Bahkan Microsoft sendiri mengakui adanya kekalahan dalam sistem operasi mobile-nya dan pasrah jika WhatsApp tidak mendukung perangkat mereka. WhatsApp memang sudah mengeluarkan pernyataan untuk tidak mendukung masalah ini sejak 2010 silam.

Upgrade Data

Sumber gambar : cnbc.com

Seperti yang kita tahu bahwa whatsapp merupakan salah satu aplikasi top yang berhasil merajai jumlah pengguna. Bisa dibilang WhatsApp masuk kedalam 5 aplikasi paling tinggi yang dibutuhkan dan juga disenangi oleh masyarakat umum.

Adanya penghilangan dukungan WhatsApp dengan beberapa sistem membuatnya lebih leluasa mengembangkan aplikasi ini. meskipun begitu para pengguna ternyata masih mengharapkan whatsapp bisa mendukung sistem operasi yang lama. Keputusan ini dianggap sulit untuk dikeluarkan mengingat masih ada saja orang yang menggunakan aplikasi dan ponsel lama.

Berikut ini penjelasan resmi yang dikeluarkan dalam FAQ WhatsApp

Dukungan untuk sistem operasi yang lebih tua

Platform berikut ini tidak lagi didukung :

  • Versi Android yang lebih lama dari 2.3.3
  • Windows phone 7
  • Iphone 3GS/iOS 6
  • Nokia Symbian S60

Untuk platform-platform berikut, anda tidak dapat lagi membuat akun baru ataupun memverifikasi ulang akun sudah ada. akan tetapi, anda dapat terus menggunakan WhatsApp.

  • Blackberry OS dan Blackberry 10 hingga Desember 2017
  • Windows phone 8 dan yang lebih lama hingga 31 desember 2017
  • Nokia S40 hingga 31 Desember 2018
  • Android versi 2.3.7 dan yang lebih lama hingga 1 februari 2020

Catatan : karena kami tidak secara aktif mengembangkan aplikasi kami untuk plafform diatas, beberapa fitur mungkin dapat berhenti berfungsi pada suatu waktu.

Platform-platform ini tidak menawarkan kemampuan yang kami perlukan untuk mengembangkan fitur-fitur aplikasi kami di masa mendatang. Jika anda menggunakan salah satu perangkat seluler di atas, kami merekomendasikan anda untuk meningkatkan ke versi OS yang lebih baru, atau ke perangkat anroid yang lebih baru yang menjalankan OS 4.0+, iphone yang menjalani iOS 7+, atau windows phone 8.1+ agar dapat terus menggunakan WhatsApp.

Setelah anda memiliki salah satu eprangkat ini, cukup pasang Whatsapp dan verifikasikan nomor telepon anda pada perangkat baru tersebut untuk terus menggunakan whatsapp. Perlu diperhatikan bahwa whatsapp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu.

Saat ini tidak ada opsi untuk mentransfer riwayat chat anda antar platform akan tetapi, kami menyediakan opsi untuk mengirim riwayat chat anda yang dilampirkan ke dalam email.