Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Widget Dari Aplikasi Umum Akan Hadir Windows 11

Anom Penulis

Kelihatannya Microsoft sedang mempersiapkan dukungan widget untuk aplikasi umum di Windows 11. Nantinya kamu akan bisa menambahkan widget dari aplikasi favoritmu di sana.

Ya, widget memang menjadi salah satu bagian menarik ketika Microsoft mengumumkan sistem operasi terbarunya itu. Namun, sampai saat ini baru beberapa aplikasi buatan Microsoft yang muncul di bidang widget itu.

Kehadiran widget dari berbagai aplikasi selain buatan Microsoft memang sudah bisa kita harapkan. Bagaimanapun, seperti yang juga kita lihat dari ponsel Android dan iPhone, widget memainkan perannya tersendiri.

Kini gelagat perkembangan widget itu semakin terlihat. Salah satu pengguna Twitter dengan nama @FireCube mengunggah gambar screenshot yang menunjukkan kode dukungan widget aplikasi pihak ketiga beserta dukungan update dari Microsoft Store.

Dari apa yang terlihat, nampaknya pengguna akan bisa mengunduh widget aplikasi dari Microsoft Store. Begitu juga dengan jika ada update dari widget bersangkutan. Windows Central menyebutkan kalau aplikasi dari luar Microsoft Store juga bisa memuat widget.

Yang menarik, kelihatannya perilaku widget aplikasi di Windows 11 akan sedikit berbeda dari yang ada di smartphone saat ini.

Widget di smartphone biasanya terikat dengan aplikasi bersangkutan. Jika sebuah aplikasi mendukung widget, maka pengguna akan bisa menambahkannya, entah di bidang khusus widget atau di halaman utama. Tidak terpisah.

Namun kelihatannya cara Microsoft menangani widget ini lebih mendekati cara Apple menangani ekstensi Safari. Sebagai aplikasi terpisah yang bisa kita unduh dan pasang dari bursa aplikasi.

Tentu hal ini masih dalam perkembangan. Jadi kita belum melihat hasil akhirnya. Untuk sementara, kamu bisa melihat cara menggunakan widget di Windows 11 dan mencobanya. Jadi jika cara penerapan widget aplikasi umum sama, kamu sudah bisa menerapkannya.