Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Windows 10 Anniversary Update akan Tersedia 2 Agustus

aplikasi windows 10
Anom Penulis

aplikasi windows 10

Microsoft resmi mengumumkan bahwa Windows 10 Anniversary Update akan tersedia pada tanggal 2 Agustus 2016. Yusuf Mehdi, Corporate Vice President Windows and Devices Group, memberi pernyataan tersebut melalui blog resmi Windows.

popculture.id

Yusuf Mehdi menyebutkan beberapa perkembangan signifikan yang akan terdapat di Anniversary Update ini. Beberapa di antaranya: Windows Ink, Cortana, Microsoft Edge, keamanan, juga pengalaman baru untuk Xbox.

Today we’re excited to announce the next major update to Windows 10 – the Windows 10 Anniversary Update – is coming on August 2.

~ Yusuf Mehdi

Keamanan Windows 10

Di sisi keamanan, ada dua inovasi besar yang didatangkan di Windows 10 Anniversary Update: Windows Hello untuk aplikasi, dan Windows Defender.

  • Integrasi yang lebih baik antara Windows Hello dengan aplikasi Windows dan Microsoft Edge akan mempermudah pengguna melakukan login di aplikasi dan situs yang mendukung. Hal ini juga sekaligus meningkatkan keamanan dengan pengenalan biometrik.
  • Layanan anti malware gratis dari Microsoft Windows Defender akan dilengkapi dengan jadwal scan secara berkala, dengan notifikasi dan laporan lengkap hasilnya.

Tentunya, patut diingat bahwa Windows Hello bekerja di perangkat yang mendukungnya.

Windows Ink

Windows Ink yang dilakukan dengan pena elektronik, akan mempermudah pengguna Windows 10, baik pengguna biasa maupun profesional.

  • Membuat catatan, menggambar, dll akan lebih mudah dan cepat.
  • Smart Sticky Notes membantu membuat catatan cepat supaya kita tidak lupa hal-hal penting.
  • Peningkatan dukungan di aplikasi, seperti tulisan tangan di Office, di Microsoft Edge, atau membuat jalur perjalanan di Peta Windows.

Windows Ink, tentunya juga bekerja di perangkat yang mendukung.

Cortana

Cortana mendapat optimalisasi agar lebih mudah digunakan di komputer. Yusuf Mehdi menyebutkan bahwa saat ini sudah ada sekitar 1000 aplikasi yang mendukung Cortana di Bursa Windows. Nantinya, Cortana juga akan hadir di Xbox One.

  • Cortana akan berfungsi di atas lock screen, sehingga kita bisa memberi perintah dan mendapat respon lebih cepat.
  • Cortana akan menyimpan data penting, seperti nomer langganan (misalnya nomer frequent flyer untuk yang sering naik pesawat).
  • Cortana akan memberikan notifikasi lintas perangkat.

Cortana, tentunya, tersedia untuk perangkat dan wilayah yang mendukung.

Microsoft Edge

Browser terbaru Windows ini mendapat optimalisasi dari sisi penggunaan daya, peningkatan keamanan, dan akses yang lebih mudah.

  • Efisiensi daya yang terdapat di Microsoft Edge meliputi: Penggunaan CPU yang lebih irit, mengkonsumsi RAM lebih sedikit, mengurangi beban aktivitas di latar belakang. Ini berarti juga menghemat penggunaan baterai.
  • Hadirnya Ekstensi Microsoft Edge, seperti “Pin It Button” dari Pinterest, AdBlock, dan LastPass. Ekstensi akan tersedia melalui Bursa Windows.
  • Peningkatan di sisi arsitektur teknis yang mendukung website modern.

Bermain Game dan Xbox

Kegiatan main game mendapat pengembangan sehingga lebih bersifat sosial. Selain itu, gamers juga juga diuntungkan dengan sistem pembelian game di Xbox dan WIndows 10.

  • Dengan program Xbox Play Anywhere, gamers bisa membeli sebuah game dan memainkannya baik di Xbox One maupun di komputer Windows. Sinkronisasi ini juga termasuk untuk perkembangan dan pencapaian (achievement) game yang dimainkan (saved games).
  • Xbox Play Anywhere juga akan memiliki satu Bursa Windows, baik untuk Windows 10 dan Xbox One.
  • Di konsol Xbox One, pengguna juga bisa menggunakan Cortana untuk perintah suara.
  • Hadirnya dukungan bahasa yang independen (gamers bisa memilih bahasa sesuai lokasi), dan musik di latar belakang.
  • Windows 10 Anniversary Update langsung tersedia di konsol baru Xbox One S.

Cortana Windows 10 Anniversary Update

Itulah beberapa hal yang disebut oleh Yusuf Mehdi. Memang tidak semua yang ditulis olehnya saya cuplik di sini. Saya hanya mencatat beberapa yang relevan. Ahem, memang ada beberapa hal menarik untuk dibahas.

Menarik melihat bagaimana tanggal rilis ditetapkan pada 2 Agustus, sementara hari terakhir penawaran upgrade gratis berada di tanggal 29 Juli, sama seperti tanggal Windows 10 resmi dirilis. Banyak spekulasi muncul mengenai apa yang terjadi setelah penawaran gratis ini berakhir. Tentu saja, untuk mereka yang sudah upgrade ke Windows 10, update ini bisa didapat secara gratis.

Sayangnya, menurut saya, beberapa inovasi yang akan hadir di Windows 10 Anniversary Update ini kurang bisa dinikmati oleh pengguna Windows 10 di Indonesia. Hambatan pertama jelas masalah bahasa. Kemudian ada lagi masalah akses perangkat.

Bagi saya yang menggunakan handphone Lumia dengan Windows 10 Mobile, pertanyaannya adalah: apakah Windows 10 Mobile juga akan mendapat Anniversary Update di tanggal yang sama. Sayangnya, Yusuf Mehdi tidak menyinggung masalah itu. Melihat rilis Windows 10 Mobile secara resmi yang jauh terlambat dari rilis Windows 10, terus terang saya pesimis.

Upgrade Windows 10 memang kontroversial. Termasuk kasus Microsoft yang “memaksakan” proses upgrade, dan kondisi Windows 10 Mobile. Bagaimanapun, pengguna WIndows 10 bisa berharap bahwa Windows 10 Anniversary Update ini akan menyelesaikan berbagai masalah yang ada sebelumnya. Soon™.

    %d blogger menyukai ini: