Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Windows 11 Akan Bisa Mengaktifkan Hotspot Hp Samsung Langsung Dari Laptop

windows dan ponsel samsung
Gambar oleh: Microsoft
Anom Penulis

Kabar baik bagi kamu pemilik ponsel Samsung. Nantinya, Windows 11 akan bisa mengaktifkan hotspot hp Samsung secara langsung dari laptop. Sama seperti iPhone dan Mac.

Microsoft mengumumkan fitur baru ini melalui blog resmi Windows. Pengumuman ini menjadi bagian dari rilis uji Windows 11 Insider Preview Build 25231 untuk developer.

Microsoft menyebutkan kalau fitur ini bekerja melalui aplikasi Phone Link. Di laptop, kamu bisa menyalakan hotspot ponsel Samsung lewat Action Center Windows 11. Jadi sudah terintegrasi.

Dengan begitu, jika kamu mendadak butuh koneksi internet untuk laptop, kamu tidak perlu mengangkat ponsel dan menyalakannya. Cukup dari laptop Windows saja.

gambar cara mengaktifkan hotspot hp samsung dari windows 11

Microsoft juga menyatakan bahwa fitur ini mulai bergulir ke komunitas Windows Insider. Tapi baru mendukung beberapa ponsel Samsung tertentu. Lalu ada syarat tertentu agar bisa memakai fitur ini.

Inilah syarat untuk bisa memakai Instant Hotspot Windows 11 dan ponsel Samsung:

  • Perangkat Samsung dengan One UI 4.1.1 dan yang lebih baru.
  • PC dengan adapter Wi-Fi dan Bluetooth.
  • Kartu SIM yang mendukung hotspot.
  • Windows 11, version 22H2 Build 22621 atau lebih baru.
  • Aplikasi Phone Link desktop, versi v1.22082.111.0 atau lebih baru.
  • Aplikasi Link To Windows (sudah terpasang secara bawaan di ponsel Samsung), versi v1.22082.142 atau yang lebih baru.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara:

  • Lewat klik ‘Get Started’ di tampilan “What’s New” yang muncul.
  • Di aplikasi Phone Link, buka Setting > Features > Instant Hotspot.
  • Melalui klik tombol () di pojok kanan atas aplikasi Phone Link.

Seperti disebut di atas, fitur Windows 11 yang bisa mengaktifkan hotspot hp Samsung secara langsung dari komputer ini masih dalam tahap uji coba.

Baca Juga:  Microsoft Uji Windows 11 Studio Effects, Bisa Akses Via Taskbar

Hanya anggota Windows Insider pada channel developer yang saat ini bisa mencobanya. Mereka bisa memberi masukan (feedback) pada Microsoft jika ada masalah terjadi pada fitur ini.

Namun jika proses ini berjalan lancar, tentunya fitur ini bisa menjadi fitur resmi dan dinikmati semua pengguna Windows.

Jika fitur ini menjadi fitur resmi, maka laptop Windows 11 dan ponsel Samsung akan memiliki integrasi yang sama seperti di ekosistem Apple. Pengguna iPhone memang bisa memakai Mac sebagai salah satu cara mengaktifkan hotspot iPhone.

Selain itu, fitur ini juga menambah integrasi antara komputer Windows dan ponsel Samsung yang sudah ada sebelumnya. Seperti contohnya Quick Share, yang bisa mengirim file dengan cepat.

Karena fitur mengaktifkan hotspot hp Samsung ini masih dalam tahap uji coba, maka belum ada informasi lebih jauh soal kapan akan dirilis secara resmi ke semua pengguna Windows 11.

Nah, para pengguna ponsel Samsung, silakan nantikan kabar selanjutnya soal fitur ini.


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa mengikuti kami di Google News.