Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

wpTorrent: Untuk Yang Hobi Download Torrent

Anom Penulis

moby at bittorrent bundles

Suka download pakai torrent? Salah satu aplikasi Windows Phone yang cocok untuk hobi itu adalah wpTorrent. Ya, ada juga Torrex. Tapi kali ini yang mau saya bahas lebih dulu adalah wpTorrent.

Untuk mencoba aplikasi ini, saya mengunduh lagu dari Moby yang bisa didapat secara gratis di BitTorrent Bundles. Berbeda dengan aplikasi uTorrent Remote, aplikasi wpTorrent ini mendukung download langsung ke ponsel Windows Phone.

Seperti aplikasi klien BitTorrent untuk desktop atau laptop, wpTorrent juga mendukung magnet link dan music/video playback (juga bisa diputar saat sedang diunduh). Karena wpTorrent bekerja di Windows Phone 8.1, aplikasi ini juga sudah mendukung file manager.

aplikasi wptorrent

Kita bisa memilih di folder mana kita akan meletakkan hasil download kita. Kalau saya sih tetap di folder download. Toh, asiknya, lagu Moby yang saya download ini langsung dikenali jenis file-nya dan langsung masuk di Music.

Di aplikasi wpTorrent, kita juga bisa melihat beberapa detil torrent yang kita unduh di Windows Phone kita. Seperti hash, jumlah seed, jumlah peer, letak folder tujuan download, dll. Selain informasi tadi, kita juga bisa mengecek progress download baik melalui progress bar di halaman File List, atau tampilan kepingan data di halaman Pieces.

tampilan aplikasi torrent wptorrent

Pengaturan klien BitTorrent Windows Phone ini juga lumayan. Bisa dilihat di gambar di bawah. Kita bisa mengatur apakah download tetap berjalan di lockscreen atau tidak, mulai download saat aplikasi dibuka, download hanya saat terkoneksi ke wifi, dll.

setting aplikasi torrent windows-phone wptorrent

Ada beberapa catatan untuk aplikasi wpTorrent. Aplikasi ini tidak bisa langsung menyimpan hasil unduhan di SD card. Aplikasi ini juga tidak mendukung download file di background (task). Yang terakhir ini memang merupakan batasan dari Windows Phone (bayangkan kalau kita lengah dan seeding terus berjalan tanpa kita kontrol). Untuk penyimpanan langsung di SD card, mungkin bisa dicoba install aplikasi di SD card. Siapa tahu bisa. Yah, ponsel saya tidak pakai SD card.

wpTorrent tersedia di store dalam 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Yang gratis didukung iklan, dan yang berbayar memungkinkan kita melakukan video streaming dengan torrent. Hm, sejauh yang saya coba sih aplikasi ini asik. Rating di store juga cukup bagus. Seperti yang sudah saya sebut di atas, aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8.1.

Download:

QR code:

qr code wptorrent