Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Xiaomi 12T dan 12T Pro Rilis, Model Pro Punya Kamera 200MP

xiaomi 12t pro
Sumber: Xiaomi
Indri Penulis

Xiaomi akhirnya resmi mengumumkan duo ponsel, Xiaomi 12T dan 12T Pro. Kita lihat seperti apa spesifikasi dari keduanya yuk!

Baru-baru ini Xiaomi menggelar acara akbar di Munich, Jerman. Dalam acara tersebut, Xiaomi mengumumkan beberapa produk terbarunya. Ada Xiaomi Smart Band 7 Pro dan juga dua ponsel terbaru mereka, Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro.

Kali ini saya nggak akan bahas soal Xiaomi Smart Band 7 Pro (kamu bisa baca artikel ini untuk tahu info lengkap soal Xiaomi Smart Band 7 Pro). Tapi kali ini saya mau bahas dua ponsel terbaru Xiaomi.

Yak, Xiaomi 12T dan 12T Pro. Mereka berdua adalah ponsel flagship Xiaomi terbaru di tahun 2022. Keduanya menyajikan desain kelas atas dengan tiga varian warna yakni Blue, Black dan Silver.

xiaomi 12t pro
Varian Warna Smartphone – Sumber: Xiaomi

Kalau kamu tanya apa perbedaan antara Xiaomi 12T dan 12T Pro, jelas perbedannya ada pada kualitas kameranya. Kedua ponsel tersebut menawarkan kualitas kamera sebagai nilai jual utamanya.

Dimulai dari model 12T Pro dulu. Dia adalah ponsel dengan kasta yang lebih tinggi dari model 12T. Dalam promosinya, ponsel ini diklaim memiliki kemampuan untuk ‘membuat momen jadi mega.’ Artinya ponsel ini mampu menangkap momen penting dengan “sistem kamera mega.”

xiaomi 12t pro
Desain Modul Kamera – Sumber: Xiaomi

Lewat ponsel ini, Xiaomi resmi memperkenalkan sensor utama 200MP + 8M Ultrawide + 2MP Makro dan kamera depan 20MP. Sensor utama ponsel diklaim mampu menyajikan kualitas gambar yang lebih bagus, fokus akurat, serta foto lowlight yang lebih bagus. Selain sensor yang oke, Xiaomi juga menggunakan sistem lensa berkualitas tinggi dan fotografi komputasi untuk membuat gambar lebih bagus.

Baca Juga:  Rumor: Xiaomi Bikin “Xiaomi 12 Mini” dengan Layar Di Bawah 6 Inci

Dengan menggunakan sensor jumbo, ponsel ini mampu menawarkan fitur Xiaomi ProCut. Fitur ini memungkinkan ponsel memotong gambar asli untuk membuat lima komposisi baru. Kamera ponsel juga bisa melakukan pemotongan untuk menciptakan foto potret yang lebih bagus, serta bisa memotret foto malam yang lebih bagus dengan binning 16-in-1.

Lalu bagaimana dengan Xiaomi 12T. Ponsel ini sebenarnya memiliki fitur kamera yang sama seperti versi satunya. Cuma bedanya, versi standar ini menggunakan sensor utama 108MP + 8MP Ultrawide + 2MP Makro. Untuk kamera depannya, ponsel ini pakai sensor 20MP.

Terus bagaimana dengan spesifikasi lainnya? Dari segi kinerja, 12T Pro ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Sementara model standar ditenagai Dimensity 8100 Ultra.

Kedua ponsel sama-sama menggunakan layar AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate adaptive hingga 120Hz. Mereka berdua juga ditenagai baterai 5.000mAh dengan kecepatan pengisian 120W (bisa nge-charge dari 0% – 100% dalam waktu kurang dari 20 menit).

Lantas berapa harga Xiaomi 12T dan 12T Pro? Model standar dibanderol dengan harga €599. Sedangkan model Pro dibanderol €599. Harga tersebut adalah yang dibanderol untuk wilayah Eropa.

Sampai sekarang belum jelas apakah kedua ponsel tersebut akan hadir di Indonesia, dan kapan mereka akan tiba di Tanah Air. Kalau misalnya Xiaomi 12T dan 12T Pro rilis di Indonesia, kamu berniat beli nggak?