Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Xiaomi 13 Series Rilis 1 Desember 2022, MIUI 14 Berbasis Android 13 Siap Unjuk Kebolehan Juga!

xiaomi 13 series rilis
Sumber: Weibo/Xiaomi
Indri Penulis

Xiaomi 13 Series rilis tanggal 1 Desember 2023. Tak sendiri, ponsel tersebut akan rilis berbarengan dengan pengumuman skin Android terbaru MIUI 14.

Selama beberapa bulan terakhir, tak sedikit Mi Fans yang sangat menantikan kedatangan Xiaomi 13 Series. Pasalnya penerus Xiaomi 12 Series tersebut hingga kini belum diumumkan.

Sebenarnya beberapa waktu lalu sudah ada beberapa rumor terkait Xiaomi 13 Series. Xiaomi 13 disebut-sebut akan mengusung desain yang mirip iPhone 14. Sedangkan Xiaomi 13 Pro katanya bakal menyajikan layar 2K LTPO.

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu datang. Baru-baru ini Xiaomi resmi mengumumkan bahwa Xiaomi 13 Series rilis tanggal 1 Desember 2022 bersamaan dengan MIUI 14.

Xiaomi 13 Series Rilis Awal Desember Bareng MIUI 14

Dalam pengumumannya baru-baru ini di Weibo, Xiaomi mengonfirmasi bahwa Xiaomi 13 Series akan rilis tanggal 1 Desember 2022 di China. Acara tersebut akan dipakai untuk mengumumkan Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro dan MIUI 14.

Tidak hanya mengumumkan tanggal perilisan. CEO Xiaomi, Lei Jun juga mengungkapkan beberapa detil soal perangkatnya yang akan datang. Lewat bocoran tersebut, kita akan punya sedikit gambaran soal perangkat tersebut.

xiaomi 13 series rilis
Sumber: Weibo/Xiaomi

Seperti yang bisa kamu lihat pada beberapa gambar berikut. Xiaomi 13 Series akan menampilkan layar datar dengan punch-hole di tengah untuk kamera selfie.

Xiaomi 13 Series akan menggunakan bezel asimetris dengan tiga sisi berukuran 1,61mm dan 1,81mm. Lebih lanjut Xiaomi 13 Series akan memiliki ratio screen-to-body 93,3% dan lebar 71,5mm.

xiaomi 13 series rilis
Sumber: Weibo/Xiaomi

Selain itu Lei Jun juga mengonfirmasi kalau Xiaomi 13 Series akan menampilkan panel belakang melengkung. Seri tersebut juga telah mengantongi sertifikasi IP68 sehingga membuatnya tahan air dan debu, dan juga pelapis panel belakang bernuansa kulit.

xiaomi 13 series rilis
Sumber: Weibo/Xiaomi

Kalau dari segi jeroannya, Xiaomi sudah mengonfirmasi kalau Xiaomi 13 Series akan ditenagai Snapdragon 8 Gen 2. Sayangnya untuk opsi RAM dan penyimpanan belum dibocorkan.

Baca Juga:  Aplikasi Sadap HP Paling Aman, Rahasia dan Lengkap

Di sisi lain Xiaomi juga belum membocorkan spesifikasi perangkat keras yang dimiliki Xiaomi 13 Series. Tapi dengar-dengar Xiaomi bakal berkolaborasi dengan Leica untuk pengaturan kamera ponselnya.

Oya satu lagi, pada tanggal 1 Desember 2022 Xiaomi akan mengumumkan MIUI 14. Itu artinya kemungkinan besar Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro akan datang dengan MIUI 14 yang berbasis Android 13.

Sayangnya sampai sekarang Xiaomi belum menyebutkan varian teratas seperti ponsel Xiaomi 13 Ultra. Kemungkinan ponsel tersebut akan rilis belakangan (bisa menjelang tahun baru, atau bahkan pas tahun baru 2023). Ya, kita tunggu saja update lengkapnya nanti.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]