Xiaomi Kembangkan 3 Tablet Android Baru Dengan Spesifikasi Tinggi

Tablet Android saat ini memang tidak banyak jadi perbincangan. Namun kelihatannya Xiaomi masih mau mencoba peruntungannya kembali. Ada dugaan kalau Xiaomi sedang mengambangkan 3 tablet Android dengan spesifikasi high-end.

Kalau kita bicara soal tablet, mungkin yang disebut pertama kali adalah iPad. Tablet berikutnya yang terlintas di kepala mungkin adalah Galaxy Tab dari Samsung.

Xiaomi sendiri memang pernah merilis produk tablet. Yang terakhir adalah seri Mi Pad 4. Sebuah tablet kelas menengah yang meluncur sekitar 3 tahun lalu. Bisa kamu lihat, jangka waktu peluncurannya berbeda dengan smartphone.

Bocoran Tablet Xiaomi

Nah, mari kita kembali ke tablet Xiaomi yang konon segera hadir. Informasi soal ketiga tablet ini berasal dari XDA Developers. Mereka menemukan 3 nama kode perangkat di dalam aplikasi sistem MIUI 12.5.

Ketiga nama kode itu adalah “nabu”, “enuma”, dan “elish”. Ketiganya disebut dalam beberapa fungsi di sistem, seperti “isPad”, yang mengindikasikan fitur tertentu akan muncul untuk perangkat tablet.

XDA juga menemukan demo sistem navigasi untuk perangkat tablet di dalam MIUI versi alpha 4.22.0.3089.

gestur navigasi tablet xiaomi
gambar: kacskrz / XDA Developers

Dari ketiga tablet itu, “nabu” disebut sebagai varian yang berbeda dengan “enuma” dan “elish”. “nabu” dikatakan memiliki akhiran nomor model K82, sementara dua yang lain berakhiran K81 dan K81A.

Menariknya, dari ketiga tablet itu, hanya “Enuma” yang memiliki dukungan voice call. Jadi kemungkinan besar, seri ini menjadi tablet yang mendukung koneksi seluler (yang lain berbasis Wi-Fi).

XDA Developers juga menemukan hal menarik lain, yaitu sebuah fungsi “isSplitTablet” di dalam setelan MIUI. Mereka belum menemukan arti fungsi tersebut. Namun bisa saja itu sebuah fungsi layar terpisah.

Berdasar rumor yang beredar, layar ketiga tablet baru Xiaomi ini akan memiliki resolusi sekitar 2560×1600 dan memiliki dukungan refresh rate 120Hz. Lalu berbeda dengan generasi sebelumnya, ketiga tablet itu akan memakai chipset Snapdragon seri 8.

Dengan relatif jarangnya tablet Android yang punya spesifikasi tinggi, tentu menarik melihat kehadiran tablet Xiaomi ini. Lebih menarik lagi menunggu harganya berapa. Ya kan?


Catatan: Enuma elish adalah mitos penciptaan dalam budaya Babilonia. Muncul juga di anime Fate/Stay Night sebagai jurus Gilgamesh.

%d blogger menyukai ini: