Xiaomi Mi A3 Menambah Jajaran Ponsel Android One

Xiaomi mengumumkan ponsel kelas menengah terbaru miliknya. Smartphone Xiaomi Mi A3 hadir menambah jajaran ponsel Android One dengan desain yang lebih baru.

Sebagai salah satu ponsel Android One, Mi A3 hadir dengan Android 9 Pie murni alias stock Android. Artinya, Xiaomi tidak menggunakan MIUI di ponsel ini. Pengalaman penggunaan akan lebih dekat pada ekosistem Google.

Sesuai bocoran yang beredar, Xiaomi Mi A3 memang merupakan versi lain dari Xiaomi Mi CC9e. Baik dari sisi penampilan maupun spesifikasi, keduanya relatif sama.

Hal ini tentunya membawa berita baik. Namun sayangnya juga ada hal yang sedikit mengewakan. Mari kita lihat lebih dekat.

Varian warna

Spesifikasi Xiaomi Mi A3

Mi A3 memiliki layar HD+ AMOLED sebesar 6,088 inci. Di dalamnya terdapat sensor sidik jari dengan bidang yang diperbesar 15% dan ukuran sensor yang ditingkatkan dua kali lipat. Lalu lapisan kaca di bagian depan dan belakang ponsel dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Dari sisi jenis layar, ponsel ini jelas mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya, yaitu dari LCD ke AMOLED. Namun sayangnya, dari sisi resolusi, Layar HD+ Mi A3 lebih rendah dari layar Full HD+ Mi A2.

Bagaimana dengan sisi internalnya? Sama seperti Mi CC9e, Mi A3 menggunakan chipset Snapdragon 665, RAM 4GB, penyimpanan 64GB/128GB (dengan microSD di slot SIM), dan baterai 4030mAh (Quick Charge 3 18W).

Spesifikasi ini jelas merupakan peningkatan. Yah, walau sejauh ini tidak terlihat versi dengan RAM 6GB seperti Mi A2.

Peningkatan lain juga ada di bagian kamera. Mi A3 memakai tiga kamera belakang dengan konfigurasi 48MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 2MP (depth sensor). Sedangkan di bagian depan ada kamera selfie berkualitas 32MP.

Yang menarik, Mi A3 kembali memiliki colokan audio 3,5mm. Fitur ini sebelumnya hilang di Mi A2. Lalu, seperti sudah disebut di atas, ponsel ini memakai sensor sidik jari di layar, sedangkan versi sebelumnya meletakkan pemindai di bagian belakang.

Harga

Pada saat pengumuman, Xiaomi menyebutkan kalau Mi A3 varian 4GB/64GB akan memiliki harga €249, dan varian 4GB/128GB akan memiliki harga €279. Smartphone ini bisa mulai dipesan di mi.com dan Mi Store pada tanggal 24 Juli 2019.

Sejauh sampai artikel ini ditulis, belum ada informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia. Namun, kita bisa memastikan kalau ponsel ini pasti akan hadir. Jadi, tunggu dengan sabar ya.

%d blogger menyukai ini: