Jajaran Smartphone Baru Xiaomi Mi CC9

foto: Xiaomi

Setelah sebelumnya tampil menggoda sebagai ponsel anak muda yang trendy, jajaran smartphone Xiaomi Mi CC9 hadir. Jajaran ponsel ini memiliki tiga versi, yaitu Mi CC9, Mi CC9e dan Mi CC9 Meitu Edition.

Xiaomi mengumumkan jajaran lini ponsel Mi CC9 ini di Beijing, Cina. Smartphone ini dirancang untuk memberi pengalaman fotografi bagi anak muda. Seri ini memiliki kamera depan 32MP dan kamera belakang 48MP, juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di layar dan baterai berkapasitas cukup besar, 4030mAh.

Salah satu hal yang menarik adalah bentuk ponsel ini berbeda dengan bocoran sebelumnya. Hal ini tentunya membawa pertanyaan soal perbedaan lini ponsel ini dengan ponsel Xiaomi yang lain. Bagaimanapun, kita tahu kalau Xiaomi sedang gencar mengembangkan jajaran ponsel mereka.

Yah, kita lihat saja bagaimana jajaran smartphone Mi CC9 ini.

Xiaomi Mi CC9

Mi CC9 (foto: Xiaomi)

Mi CC9 memiliki bodi yang cukup mirip dengan Mi 9. Bodinya bersalut kaca yang melengkung di bagian belakang agar enak dipegang. Ponsel ini juga menggunakan layar AMOLED sebesar 6,39 inci dan berkualitas Full HD, juga dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Spesifikasi umum Mi CC9 meliputi chipset Snapdragon 710, RAM 6GB, dan penyimpanan sampai 128GB (mendukung microSD). Ada tiga kamera di belakang, yaitu 48MP (wide), 8MP (ultra-wide), dan 2MP (depth sensor). Sementara kamera selfie berkualitas 32MP.

Beberapa fitur menarik yang ada di ponsel ini adalah panorama selfie (menggabungkan tiga foto jadi satu), Mimoji (foto kartun dan animasi sampai 15 detik), AI Skyscaping, Game Turbo 2.0. Ponsel ini juga mendukung NFC, IR blaster, dan colokan audio 3,5 mm.

Smartphone ini hadir dalam 3 pilihan warna, yaitu: White Lover yang seperti permukaan salju, Blue Planet dengan pola “CC” unik, dan Dark Prince.

Mi CC9e

Mi CC9e (foto: Xiaomi)

Mi CC9e merupakan versi ringan dari seri ini. Walau sama-sama memakai AMOLED, layarnya lebih kecil. Yaitu sebesar 6,088 inci dan berkualitas HD. Selain itu, ponsel ini memakai chipset Snapdragon 665, punya pilihan RAM sampai 6GB, dan penyimpanan sampai 128GB (mendukung microSD).

Spesifikasi lain relatif sama dengan Mi CC9. Termasuk kamera, baterai, sensor sidik jari dna pilihan warna. Perlu dicatat, ponsel ini tidak mendukung NFC.

Mi CC9 Meitu Edition

Mi CC9 Meitu Edition (foto: Xiaomi)

Mi CC9 Meitu Edition menjadi edisi spesial seri ini. Smartphone ini khusus dirancang untuk anak muda penggemar selfie. Edisi ini juga menampilkan gradasi warna khusus yang terinspirasi dari pantai di Bahama, punya tampilan tema UI dam ringtone khusus.

Sebagian besar spesifikasi ponsel ini sama dengan versi Mi CC9. Beberapa perbedaannya adalah tersedia dengan kombinasi RAM dan penyimpanan 8GB/256GB dan optimalisasi kamera dari Meitu.

Optimalisasi kamera Meitu ini meliputi kemampuan edit foto dan video. Misalnya melalui fitur potret AI low-light dan AI Beautify.

Harga dan Ketersediaan

Mi CC9 variasi 6GB/64GB memiliki harga RMB 1799, sedangkan varian 6GB/128GB seharga RMB 1999. Untuk Mi CC9e, varian 4GB/64Gb punya harga RMB 1299, 6GB/64GB seharga RMB 1399, dan 6GB/128GB seharga RMB 1599. Sedangkan Mi CC9 Meitu Edition 8GB/256GB memiliki harga RMB 2599.

Untuk sementara ini, semua lini Xiaomi Mi CC9 baru akan tersedia di wilayah Cina mulai tanggal 9 Juli 2019.