Xiaomi Mi MIX 2: Bodi Keramik dan Nyaris Tanpa Bingkai

xiaomi mi mix 2

Mungkin handphone minim bingkai mulai jadi tren ketika Xiaomi merilis seri Mi MIX. Handphone itu berhasil merebut perhatian dan memenangkan penghargaan IDEA Gold Award. Sekarang, Xiaomi melanjutkan gebrakan tersebut dengan mengumumkan generasi berikutnya: Mi MIX 2.

Layar dengan bingkai tipis Mi Mix cukup khas. Xiaomi mendorong bagian atas semaksimal mungkin. Bahkan memindah kamera depan ke bagian bawah. Yang cukup mirip dengan pendekatan Xiaomi adalah Essential Phone. Samsung dan LG, walau sama-sama punya layar besar, tetap mempertahankan bidang atas sedikit.

Xiaomi memasang layar 18:9 full screen display di Mi MIX 2. Dimensi layar unik ini memberikan bidang yang lebih leluasa untuk dilihat (rasio klasik adalah 4:3 dan 16:9). Layar 5,99 inci ini memiliki resolusi 2160 x 1080 pixel (403 ppi) dengan bidang bawah (bagian paling tebal) lebih kecil 12% dari pendahulunya. Handphone ini juga punya speaker dan proximity sensor yang tersembunyi di bagian atas.

Mi MIX 2 depan belakang
Bagian depan dan belakang Mi MIX 2

Terus terang, penampilannya memang terlihat keren dan mewah. Apalagi dengan bodi keramik dan frame metal. Xiaomi bahkan memasang bingkai lapis emas 18K di pinggiran kamera belakang.

Bagaimana dengan kemampuannya? Mi MIX 2 menggunakan prosesor Qualcomm 835, jadi mampu bersaing dengan handphone flagship lain. RAM dengan pilihan 6 GB atau 8 GB; memori internal dengan pilihan 64 GB, 128 GB, dan 256 GB; juga baterai sebesar 3400 mAH. Jadi ya memang mampu bersaing.

[irp posts=”44286″ name=”Mi A1: Handphone Xiaomi Tanpa MIUI”]

Yang menarik, Xiaomi tidak menyertakan kamera ganda di handphone ini. Hanya ada satu kamera 12 MP dengan sensor Sony IMX386 (f/2.0, 1,25 μm). Kamera ini dilengkapi dengan empat sumbu OIS (optical image stabilization). Sedangkan kamera depannya berkekuatan 5 MP.

kamera belakang mi mix 2
Kamera belakang Mi MIX 2

Untuk kemampuan merekam video, kamera depan mampu memproduksi video kualitas 4K@30fps, 1080p@30fps dan 720p@120fps. Logikanya, bakal oke untuk video slow motion. Sedangkan kamera depan mendukung kualitas video full HD 1080p.

Lalu seperti handphone masa kini lainnya, Mi MIX 2 juga dilengkapi fingerprint scanner di bagian belakang, dan colokan USB-C dengan dukungan Quick Charge 3.0. Oya, handphone ini mendukung dual SIM.

Yang menarik, ada dua varian Mi MIX 2. Versi standar memiliki bagian belakang keramik dengan frame metal. Sedangkan versi Special Edition memiliki bodi seluruhnya dari keramik (unibody)! Cukup bombastis kelihatannya. Standard Edition hanya tersedia dalam warna hitam, sedangkan Special Edition tersedia dalam warna hitam dan putih.

Xiaomi melepas Mi MIX 2 dengan harga mulai dari RMB 3299 atau sekitar Rp 6,6 juta. Harga yang cukup bersaing dan menggiurkan. Kita tunggu saja kapan handphone ini muncul di sini.