Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

PNY XLR8 Gaming EPIC-X RGB DDR4 RAM Kit Tampil di Computex 2021

Anom Penulis

Ketika bicara soal peripheral komputer performa tinggi, ada banyak komponen yang perlakuan khusus. Seperti prosesor, kartu grafis, atau penyimpanan SSD. Kali ini RAM lah yang menjadi bahasan. Tepatnya XLR8 Gaming EPIC-X RGB DDR RAM kit buatan PNY.

Untuk yang belum kenal nama perusahaan ini, PNY adalah manufaktur asal Amerika yang memiliki berbagai produk, mulai dari SSD, modul memori (RAM), kartu memori (flash memory card), kartu grafis, dll.

Modul RAM XLR8 Performa Tinggi

Produk baru yang mereka perkenalkan di acara Computex 2021 adalah modul memori performa tinggi XLR8 Gaming EPIC-X RGB RAM Kit. Lini RAM ini memiliki rancangan dan performa yang secanggih namanya.

PNY mempersenjatai memori ini dengan CAS latency 18 pada 1,35V. Lini RAM ini juga memiliki frekuensi tinggi, baik 3200MHz, 3600MHz, dan 4000MHz. Kamu bisa memakainya baik di platform Intel maupun AMD.

 XLR Gaming EPIC-X RGB DDR RAM kit

Menariknya, modul memori ini memiliki rancangan khusus untuk menghalau panas. Ada komponen penyebar panas aluminium dengan alur garis di bagian sisinya. Nggak cuma melepas panas, bentuknya pun jadi kelihatan keren.

Lalu bicara soal keren, lini RAM ini memiliki bilah cahaya RGB. PNY tidak menyediakan software khusus untuk mengontrol cahaya ini. Alih-alih, XLR8 Gaming EPIC-X RGB RAM Kit bisa dikontrol melalui berbagai sistem dari vendor, seperti ASUS Aura Sync, Gigabyte RGB Fusion, MSI Mystic Light Sync, atau ASRock Polychrome Sync.

Paket ‘Green Miracle’

Bersama produk ini, PNY juga memperkenalkan paket ‘Green Miracle’ untuk para Chia farmer (Chia adalah salah satu cryptocurrency) yang meliputi SSD 2TB PCIe 4.0 XLR8 CS3040 NVMe (ketahanan 3600 TBW) dan sepasang RAM 16 GB (total 32GB) DDR4 2666MHz.

Nah, kalau kamu mencari RAM performa tinggi untuk komputer gaming milikmu, silakan cek detilnya lebih jauh di situs resmi PNY atau di toko online dan toko komputer di daerahmu.