YouTube Android Kini Dukung Pemutaran 4K, Meski Tanpa Layar 4K

Perubahan menarik terjadi di aplikasi YouTube Android. Pasalnya kini YouTube Android mendukung pemutaran 4K, meski tanpa layar 4K.

Sebagai platform streaming terpopuler di dunia, YouTube tentu selalu menjadi rujukan setiap orang yang ingin mencari hiburan, atau informasi berbentuk video lainnya.

Di sisi lain, aktivitas streaming akan makin nyaman jika orang-orang memilih opsi pemutaran terbaik, seperti 4K. Nah, sekarang ada kabar bagus untuk kamu pengguna YouTube versi Android.

Jadi baru-baru ini, YouTube Android menawarkan opsi pemutaran 4K, meski penggunanya tidak menggunakan ponsel dengan layar 4K.

YouTube Android Tawarkan Pemutaran 4K Baru

Dilansir dari GSMArena, opsi 4K pada 60fps tampaknya merupakan pembaruan dari segi server. Sebab salah satu orang dari GSMArena yang menemukan opsi ini masih menggunakan YouTube versi 15.05.35, bukan versi 15.06.35 yang baru rilis 13 Februari lalu.

Sumber Gambar XDA-Developers

Tahun lalu, aplikasi YouTube iOS juga memperoleh opsi pemutaran 4K. Opsi ini hadir bersamaan dengan peluncuran sistem operasi iOS 14.

Sementara itu dalam uji coba pribadinya, tim GSMArena pertama memakai Samsung Galaxy S10e dan gambar yang ditampilkan bagus.

Tapi saat uji coba dilakukan menggunakan Galaxy Tab S5e, visual yang ditampilkan jauh lebih buruk. Bingkai video terpotong dan menghasilkan lebih banyak tayangan slide, dibanding pemutaran video.

Di sisi lain, tim XDA-Developers juga melakukan pengujian di beberapa ponsel Android. Hasilnya, mereka menemukan semua opsi 4K, meski mereka memakai versi aplikasi yang berbeda.

Selain itu, ketika uji coba 4K dilakukan di ponsel 1080p, gambar yang ditampilkan jauh lebih tajam dengan kompresi lebih sedikit, serta bitrate yang lebih tinggi.

Berbeda saat uji coba dilakukan di ponsel dengan resolusi layar rendah. Hasilnya sama dengan yang dibeberkan oleh GSMArena.

Jadi kesimpulannya, meski opsi pemutaran 4K adalah tambahan yang bagus, tapi tetap saja kita harus melihat perangkat apa yang digunakan.

%d blogger menyukai ini: