6 Fitur Aplikasi YouTube Android Yang Perlu Kamu Tahu

aplikasi youtube android

Nonton video di YouTube memang menyenangkan. Di mana pun dan kapan pun, kalau butuh hiburan tinggal buka aplikasi. Tontonan pun ada di depan mata. Mau cari yang lucu, tutorial, info film, dll bisa kamu lihat. Nah, supaya nonton semakin asik, kamu perlu tahu beberapa fitur aplikasi YouTube Android ini.

Diam-diam aplikasi YouTube memang menyimpan banyak fitur. Itu juga yang membedakannya dengan aplikasi YouTube Go. Aplikasi yang disebut terakhir ini merupakan versi singset dari aplikasi aslinya.

Fitur aplikasi YouTube Android itu meliputi banyak hal. Mulai dari kontrol media, pengaturan konten dan kualitas, sampai menyimpan dan berbagi. Tidak semua fitur langsung terlihat dan mudah dikenali.

Mungkin ada beberapa fitur yang sudah kamu ketahui. Mungkin ada yang belum. Jadi, mari coba kita lihat bersama.

1. Pilih Video Yang Muncul Di Home

Di halaman Home aplikasi YouTube kamu akan menyaksikan video-video yang disarankan. Kalau kamu tidak suka dengan salah satu video, kamu bisa menandai video tersebut. Sehingga nanti, daftar video yang muncul akan semakin sesuai dengan kesukaanmu.

Caranya: Klik ikon Menu ︙dan pilih ‘Not interested’ (tidak tertarik). Video yang kamu tandai akan segera hilang dari lini masa video. Kamu juga bisa memberitahu alasan kenapa kamu tidak suka.

tandai video youtube yang tidak kamu suka

2. Kelola Notifikasi Channel Langganan

Mungkin kamu berlangganan (subscribe) beberapa channel YouTube. Tapi ada satu channel yang benar-benar jadi favorit, sampai kamu selalu menunggu video terbaru. Nah, kamu bisa mengatur agar kamu mendapat notifikasi dari channel tersebut.

Caranya: Buka halaman ‘Langganan’ (Subscribe). Tekan tombol ‘Semua’ di bagian atas. Lalu tekan ikon Lonceng , dan pilih jenis notifikasi.

pilihan notifikasi channel youtube

3. Melompati Durasi Video

Tahukah kamu kalau aplikasi YouTube mendukung gestur ketuk dua kali di video? Ya, kalau kamu mengetuk dua kali di video yang sedang diputar, video akan melompat dalam durasi tertentu. Setelan awal adalah 10 detik. Ketuk layar bagian kanan untuk maju 10 detik, dan ketuk bagian kiri untuk mundur 10 detik.

Kamu juga bisa mengatur panjang durasi lompatan itu. Masuk ke Setting (tekan foto profil), masuk ke kategori Umum, ketuk ‘Tap dua kali untuk mencari‘. Lalu pilih durasi yang kamu inginkan.

fitur aplikasi youtube untuk melompati bagian video

4. Lihat Video Yang Berhubungan Saat Menonton

Mungkin kamu sedang menonton video dalam kondisi layar penuh (full screen). Lalu kamu ingin tahu video apa yang sejenis dengan yang sedang kamu lihat. Aplikasi YouTube punya fitur yang bisa membantu. Sehingga kamu tidak perlu kembali ke halaman awal.

Caranya: Di tampilan full screen, gesek layar dari bawah ke atas (swipe up). Nanti akan muncul thumbnail video yang berhubungan dengan video yang kamu tonton. Tinggal pilih mana yang ingin kamu lihat.

melihat video youtube terkait

5. Mematikan Autoplay Video YouTube

Secara bawaan, aplikasi YouTube akan memutar secara otomatis video selanjutnya. Tidak selamanya hal ini berguna. Untungnya kamu bisa memilih untuk mematikan fitur tersebut.

Caranya: Mudah, di halaman video, tekan ikon tuas ‘Autoplay’. Maka, video setelah itu tidak akan secara otomatid diputar saat video yang kamu tonton selesai.

pilihan autoplay video youtube

6. Ubah Kualitas Video YouTube di Aplikasi

Tidak selamanya menonton video HD itu asik. Kalau sedang fakir kuota atau koneksi internet mager, kualitas video HD jelas menyebalkan (apalagi 4K). Untungnya kamu bisa mengubah kualitas video YouTube di aplikasi Android.

Caranya: Ketuk layar video, lalu ketuk ikon Menu︙ di layar. Pada menu yang muncul, tekan ‘Kualitas‘. Lalu silakan pilih kualitas video YouTube yang sesuai kebutuhanmu. Sejauh ini, kualitas 360p sudah mencukupi untuk layar smartphone.

mengatur kualitas video youtube

Itulah beberapa tips fitur aplikasi YouTube Android yang bisa kamu coba. Ya, sebenarnya masih banyak fitur lainnya. Misalnya nonton video YouTube sambil ngobrol dengan teman, atau mempersiapkan nonton video YouTube offline. Tapi hal itu sudah pernah kami bahas.

Yang ada di atas kami pikir merupakan fitur aplikasi YouTube yang menarik. Tentu saja, kalau ada lagi, pasti kami tambahkan. Selamat menyaksikan.

More Stories
sony xperia 10 dan 10 plus
Sony Xperia 10 dan 10 Plus Hadir Dengan Layar 21:9