Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

YouTube Bakal Bayar Podcaster Kalau Mereka Mau Merekam Acaranya

Indri Penulis

YouTube kabarnya siap bayar podcaster dengan nominal fantastis, kalau mereka mau merekam acaranya dan mengunggahnya ke YouTube.

Generasi masa kini pasti akrab banget sama yang namanya podcast. Apalagi buat yang sering pakai Spotify, pasti sedikit banyak sudah tahu lah soal podcast.

Walau dulu awalnya podcast cuma bisa didengarkan lewat platform khusus, tapi makin ke sini, nggak sedikit podcaster yang memilih untuk mem-video-kan acaranya. Jadi selain merilis konten di platform podcast, mereka biasanya juga mengunggah video podcast tersebut ke platform streaming contohnya YouTube (contoh paling gampang kaya Deddy Corbuzier).

Nah menariknya, ada kabar terbaru yang mungkin bakal jadi angin segar buat para podcaster. Pasalnya dilansir dari Bloomberg, YouTube sedang mencoba menggaet kalangan podcaster untuk bergabung ke platform-nya.

Untuk melancarkan aksinya itu, YouTube rencananya akan bayar podcaster jika mereka mau merekam acaranya dan mengunggah video tersebut ke platform YouTube.

Konon, nominal yang ditawarkan YouTube nggak main-main lho. YouTube kabarnya siap menggaji mulai dari $50.000 sampai $300.000 untuk jaringan khusus podcast, sekaligus untuk mendanai episode podcast yang di-video-kan.

Sayangnya sampai sekarang belum ada konfirmasi resmi dari YouTube. Jadi kami belum tahu apakah program tersebut cuma wacana atau benar-benar akan rilis nantinya.

Tapi yang jelas kalau program tersebut jadi rilis, mungkin ini bakal memberikan keuntungan yang berlipat buat kalangan podcaster. Pasalnya mereka akan bisa mendapatkan sumber pendapatan tambahan dari YouTube (selain dari platform khusus podcast tentunya).

Di sisi lain, YouTube mungkin memang platform berbasis video. Tapi selama beberapa tahun ini, YouTube mulai ramah buat ‘pendengar.’

Sebelum ada rumor program podcast, YouTube telah memungkinkan semua pengguna di Kanada untuk mendengar audio tanpa perlu menonton video atau membuka aplikasi. Padahal sebelumnya, fitur tersebut cuma eksklusif buat pelanggan YouTube Premium.

Baca Juga:  Cara Menambah Subtitle di YouTube yang Lengkap dan Mudah

Gimana menurutmu soal perkembangan YouTube yang makin ke sini makin ramah buat ‘pendengar?’ Kalau saya sih oke-oke saja, asalkan hal tersebut nggak menghilangkan ciri khas YouTube sebagai platform berbasis video. Hehehe.